Sel. Mei 11th, 2021

DLH Tanbu Peringatkan PT JPM dan PT Anzawara Satria agar Menggeser Aktivitas Pertambangan Sejauh 80 Meter dari Jalan Desa Bunati

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Aktivitas pertambangan batubara PT Java Persada Mandiri (JPM) selaku Sub Kontraktor PT Anzawara Satria yang menyasar ke sekitar tepi jalan utama Desa Bunati mengakibatkan jalan tersebut rusak parah hingga nyaris longsor.

Kini, jalan utama Desa Bunati yang merupakan satu-satunya akses perlintasan warga tersebut hanya dapat dilintasi kendaraan roda dua dan sudah tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Tanah Bumbu Rahmat Prapto Udoyo, Sabtu (10/4/2021) mengatakan, pihaknya sudah menerim informasi melalui surat yang ditembuskan warga Desa Bunati terkait badan jalan yang longsor akibat aktivitas penambangan batubara itu.

“Dua hari lalu, kami sudah melakukan pengecekan ke lokasi jalan yang longsor di Desa Bunati itu. Kami juga telah meminta perusahaan yang melakukan penambangan di situ agar segera memperbaiki jalan yang longsor tersebut,” kata Rahmat.

Selain mempertanggungjawabkan kerusakan jalan Desa Bunati itu, lanjut Rahmat, pihaknya juga meminta pihak perusahaan agar menggeser aktivitas penambangannya sejauh 80 meter dari jalan desa itu.

“Kami juga meminta pihak perusahaan agar membuatkan turap pada lokasi jalan yang longsor tersebut,” terangnya.

Rahmat berharap, kedepannya PT JPM dan PT Anzawara Satria lebih memperhatikan situasi lingkungan sekitar dalam melakukan penambangan batubara.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.