Ming. Apr 11th, 2021

DLHD Tanbu Minta Perusahaan Tambang Bangun Kolam Penampungan Limbah

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Adanya dugaan pencemaran limbah tambang batubara di Sungai Sebamban dari sejumlah perusahaan pertambangan setempat menjadi sorotan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD)  Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala DLHD Tanah Bumbu Rahmat Prapto Udoyo menegaskan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada enam perusahaan tambang batubara yakni PT Borneo Indobara (BIB), PT Tunas Inti Abadi (TIA), PT PCN, PT SBB, PT DBR dan PT SDJ agar membuat kolam penampungan air limbah tambang sesuai standar kajian lingkungan setempat.

“Kemarin kita lakukan pertemuan untuk membahas pembuatan kolam penampungan air limbah, dan hasilnya sudah ada kata kesepakatan,” kata Rahnat, Rabu (31/3/2021).

Selain diminta membangun kolam penampungan air limbah sendiri, lanjut Rahmat, pihaknya juga meminta enam perusahaan tambang yang berada di muara sungai Desa Sebamban untuk  bersama sama membangun DAM air induk, sebagai penampungan air limbah tambang sebelum dialirkan ke sungai.

“Dengan adanya DAM induk, maka tingkat kekeruhan air limbah tambang batubara yang dibuang dari kolam penampungan perusahaan tersebut dapat diminimalisir,” tetangnya.

Untuk pelaksanaan proyek pembangunan DAM air oleh gabungan perusahaan tambang batubara di Sebamban, lanjut Rahmat, pihaknya masih menunggu kajian-kajian teknis lingkungan dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

“Kita berharap, pembangunan DAM penampungan air limbah tambang batubara ini terealisasi secepatnya, agar air sungai sebamban tak tercemar dan masyarakat kembali bisa memanfaatkannya,” ucapnya.

Sementara kajian teknis proyek pembangunan DAM penampungan limbah tersebut masih dilakukan, pihak DLH Tanbu tetap melakukan pengawasan ketat terhadap perusahaan-perusahaan tambang batubara yang berekploitasi.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.