Sen. Jul 13th, 2020

Dongkrak Perekonomian melalui Olahan Keterampilan

2 min read

KabarKalimantan, Amuntai – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terus berupaya mendorong dan meningkatkan keterampilan untuk mendongkrak pendapatan masyarakatnya.

Baru-baru ini, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupatebn HSU memberikan pelatihan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Mangga Madu, Desa Rantau Bujur Darat, Kecamatan Sungai Tabukan, Senin (26/2/2018).

Pelatihan keterampilan dengan materi handcraps seperti membuat bros, gantungan kunci maupun ikat rambut yang berbahan dasar kain sisa bekas jahitan yang bertempat di Balai Desa Rantau Bujur Darat itu diikuti sebanyak 20 peserta.

Kepala Bidang Pemberdayaan Keluarga DPPKB Kabupaten Amuntai M Rijali mengatakan, pelatihan keterampilan bagi anggota kelompok UPPKS tersebut bertujuan agar dapat meningkatkan penghasilan keluarga, tentunya dengan memanfaatkan aneka bahan sisa yang tidak terpakai.

“Pelatihan ini merupakan wadah kita untuk belajar bersama agar terampil dalam mamanfaatkan aneka barang yang selama ini tidak terpakai menjadi bernilai,” ucap Rijali.

Baca Juga :   Warga HSU Tewas Terikat Tali Lunta

Dalam pelaksanaan pelatihan handscaps itu, tambah Rijali, pihaknya menggandeng pelatih profesional di bidang itu yakni seorang guru SMKN 2 Amuntai, Siti Rakhmadaniyah S Pd.

“Mentor dalam pelatihan ini sudah berpengalaman, banyak hasil-hasil olahan tangan terampilnya. Maka dari itu, saya berharap para peserta mengikutinya dengan serius dan nanti setelah selesai agar terus mencobanya,” pesan Rijali.

Sementara itu, Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang mendampingi UPPKS Mangga Madu Arbiyan mengaku senang melihat antusiasime peserta mengikuti materi pelatihan. Terbukti hasil olahan tangan-tangan pemula para peserta cukup memuaskan, yakni berupa aneka macam bros, gantungan kunci maupun yang lainnya.

“Melihat keseriusan peserta ini, menjadi dasar kami berkoordinasi dengan pemerintahan desa untuk melaksanakan pelatihan lagi,” ujar Arbiyan.

MUHAMMAD YUSUF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.