Sab. Nov 28th, 2020

Dongkrak Perekonomian Nelayan, Zairullah Programkan Pembelian Kapal Angkut Ikan hingga Pendirian Pabrik Ikan Kaleng di Kusan Hilir

2 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Kabupaten Tanah Bumbu memiliki garis pantai yang cukup panjang yang membentang dari Kecamatan Satui hingga Kecamatan Simpang Empat.

Rata-rata, warga yang bermukim di wilayah pesisir pantai itu berprofesi sebagau nelayan yang mencari ikan dilaut. Karena hanya nelayan tradisional, kapal pengangkut ikan masih berukuran sangat kecil sehingga perlu ditingkatkan.

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu, nomor urut 3 yakni dr HM Zairullah Azhar-Muhammad Rusli pun berkomitmen untuk mempermudah nelayan-nelayan tersebut dalam menjual hasil tangkapannya.

Tujuannya adalah membuka lapangan pekerjaan di wilayah Kecamatan Kusan Hilir yang dekat dengan pantai.

Ada dua program yang difokuskan pasangan yang berslogan ZR ini, yakni pembelian papal kengangkut ikan dan pembangunan pabrik ikan kaleng di wilayah Kusan Hilir.

“Potensi hasil laut yang kita miliki sangat luar biasanya. Makanya kami akan programkan pembelian kapal besar pengangkut ikan yang berkapasitas 8.800 ton,” katanya, Selasa (6/10/2020).

Zairullah mengatakan, harga kapal yang direncanakan akan dibeli itu memang tidak murah, yakni di kisaran Rp 180 miliar. Namun, ia yakin penghasilan sektor perikanan pertahunnya, bisa mencapai Rp 1 triliun.

“Ini akan mendongkrak pendapatan daerah. Nelayan juga dimudahkan dengan adanya kapal tersebut. Ikan cukup diambil di luar saja, nelayan akan lebih mudah menjualnya,” kata Zairullah di tiap kampanyenya di Kusan Hilir.

Dengan adanya dukungan itu, lanjut Zairullah, keberadaan pabrik ikan kaleng juga akan mendongkrak perekonomian masyarakat. Sebab akan menyerap banyak tenaga kerja. “Kita utamakan warga lokal. Jadi wilayah ini akan lebih maju lagi. Ekonomi rakyat juga akan meningkat,” katanya.

Zairullah menerangkan, semua program yang dicanangkannya itu bertujuan untuk membantu masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tanah Bumbu.

Maka dari itu, ia meminta doa dan dukungan masyarakat untuk memenangkan Pilkada 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.