Jum. Jan 22nd, 2021

DP3A Balangan Kembangkan Sekolah Ramah Anak

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Balangan menggelar pelatihan bagi tenaga terlatih pemenuhan hak anak di Aula III Inspektorat Kabupaten Balangan, belum lama tadi.

Selain menyampaikan hak-hak anak, Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DP3A Provinsi Kalsel Andrian Anwari juga mengatakan, perlindungan bagi anak merupakan tanggung jawab bersama.

Andrian menjelaskan, ada 6 komponen menuju sekolah ramah anak, dimulai dari kebijakan sekolah dalam bentuk deklarasi serta melaporkan kepada dinas (DP3A/ Dinas Pendidikan/Kementerian Agama) terkait kebijakan tertulis yang mendukung pemenuhan hak anak.

“Kemudian, guru dan tenaga kependidikan yang terlatih dalam mewujudkan sekolah ramah anak, proses belajar yang ramah anak (tanpa kekerasan, tidak menghina, tidak membully), sarana dan prasarana yang ramah anak, partisipasi anak dan partisipasi orang tua, lembaga masyatakat, dunia usahan dan stakeholder lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Balangan Noor Aspariah mengatakan, melalui sekolah ramah anak ini diharapkan setiap anak terlindungi dari kekerasan maupun dikskriminasi.

“Kemudian yang berikutnya bagaimana hak-hak anak dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Pada praktiknya, lanjutnya, dalam ruang lingkup baik tenaga pendidik maupun sarana prasarana juga harus ramah anak. “Jangan sampai ada taman, kemudian taman tersebut ditanami pohon yang ada duri, kemudian berbahaya bagi anak. Pada dasarnya itu,” tegasnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara peserta pelatihan dengan pemerintah daerah, sebagai bentuk dukungan, keikutsertaan dan tanggung jawab dalam mewujudkan sekolah ramah anak.(advertorial)

Reporter: FM Hidayatullah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.