DPD PDI-P Kalsel Yakin Syafruddin H Maming akan Bercokol di Senayan

2117

KabarKalimantan, Banjarmasin – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kalimantan Selatan optimistis mampu meraih dua kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel 2 untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Nama kedua kader PDIP di dapil Kalsel 2, meliputi Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru yang diprediksi akan melenggang ke Senayan adalah Syafruddin H Maming (Cuncung) dan dr Sulaiman Umar.

“Kalau pihak lain ingin mengklaim, ya silakan. Itukan baru prediksi kami. Namun, kami tetap menunggu hasil perhitungan suara dari KPU,” ujar Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Kalsel, Supiansyah, Selasa (23/4/2019).

Ia yakin, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu akan memperoleh 220 ribu suara di Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel 2. “Di Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu saja, PDI-Perjuangan mampu meraih lebih dari 100 ribu suara. Belum lagi untuk kabupaten lain,” ujarnya.

Baca Juga :   Kebijakan Jokowi, Sangat Terasa Sampai ke Desa

Ia berani menyebutkan kandidat yang digadang-gadang akan melanggeng ke Senayan tersebut bukan tanpa alasan. Mengingat, Syafruddin H Maming diprediksi mampu meraih suara pribadi berkisar 60-70 ribu suara. Dan angka itu di luar dari suara partai politik.

Sedangkan Sulaiman Umar, sambung dia, diprediksi akan merajalela di Banjarmasin serta disokong suara dari kabupaten lainnya, semisal, Tanah Bumbu dan Kotabaru. “Atas dasar itulah kami sangat meyakini PDI-Perjuangan mampu meraup sekitar 22,2 persen suara di Dapil 2,” sebutnya.

Ia pun merincikan prediksi perolehan suara di Dapil 2, yakni Banjarmasin mampu meraih 80-90 ribu suara, Banjarbaru 15 ribu suara, Tanah Laut 30 ribu suara, Tanah Bumbu 55 ribu suara dan Kotabaru 50 ribu suara. Sehingga, tegas dia, kalau ditotal secara keseluruhan sebanyak kurang lebih 220 ribu suara. “Kalau pihak lain meraih suara lebih dari itu, maka silakan mengklaim,” tutupnya.

Baca Juga :   Begini Penilaian Politikus di Kalsel terhadap 'Kartu Sakti' Jokowi

Sebelumnya, DPD PDI-Perjuangan Kalsel optimis akan mengamankan 2-3 kursi DPR RI di seluruh Dapil, yakni satu kursi di Dapil 1 dan 2 kursi di Dapil Kalsel 2.

Sementara di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, pihaknya meyakini akan memperoleh 8 kursi di tujuh Dapil. Satu kursi di Dapil 1, Dapil 2, Dapil 3, Dapil 4, Dapil 5, Dapil 7, dan dua kursi di Dapil 6. “Itu merupakan kursi yang sudah aman di DPRD Kalsel,” ujarnya.

Terakhir, DPD PDI-Perjuangan Kalsel optimis mampu final di urutan pertama atau kedua setelah Partai Golkar yang telah sukses memenangkan suara partai di Pemilu 2014 silam.

Reporter: M Ali Nafiah Noor

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here