DPRD Balangan Minta Prioritaskan Perbaikan Jalan

1379

KabarKalimantan, Paringin – DPRD Kabupaten Balangan mulai menyoroti masih banyaknya jalan yang belum beraspal, dan bahkan masih berupa tanah.

“Kami banyak mendapatkan laporan dari masyarakat terkait kerusakan jalan. Bahkan ada yang mengeluh di wilayahnya belum ada akses jalan yang memadai,” ucap anggota DPRD Balangan Fahruddin Misran, Selasa (26/2/2019).

Maka dari itu, lanjut Misran, pihaknya meminta Dinas PUPR Balangan lebih peka terhadap kondisi infrastruktur jalan di Bumi Sanggam. Terlebih lagi, infrastruktur jalan yang bagus merupakan program unggulan Bupati Balangan.

“Kami minta Dinas PUPR memantau dan melakukan peninjauan ke lapangan. Sehingga, dapat melihat langsung jalan mana saja yang masih perlu diperbaiki, dan itu yang harus diprioritaskan,” katanya.

Rencananya, lanjutnya, dalam waktu dekat melalui rapat dengan pihak Dinas PUPR Balangan, pihaknya akan mengusulkan pengerjaan jalan dengan skala prioritas. Dan juga berncana mengusulkan pengerjaan secara bertahap di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan.

Baca Juga :   Lima Fraksi DPRD Balangan Beri Masukan Realisasi RAPBD Tahun 2019

“Kami akan mengusulkan supaya pengerjaan jalan benar-benar dilaksanakan di kecamatan yang jadi prioritas. Setelah selesai, baru kemudian dilanjutkan di kecamatan lain. Saya kira ini akan lebih optimal,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PUPR Balangan Tuhalus menyatakan, akan bertahap membenahi fasilitas jalan dan jembatan di selurh wilayah Kabupaten Balangan.

Tuhalus baru saja dilantik oleh Bupati Balangan H Ansharuddin pada 23 Januari 2019 lalu rupanya saat ini masih disibukkan dengan sejumlah pekerjaan di dinas yang baru dipimpinnya tersebut.

Sebagai pimpinan baru, Tuhalus rupanya memiliki target dan harapan tersendiri, terutama dalam menjalankan tugas selama 100 hari sejak pertama kali dilantik.

Diisampaikanya, di bawah kepemimpinannya, DInas PUPR Balangan akan mengakomodir program-program terdahulu dan yang penting untuk dikerjakan dan diselesaikan.

“Yang pertama adalah terkait pemeliharaan jalan atau jembatan, terutama jalan sekitar daerah perkotaan. Kami akan mencoba menutup semua lobang yang ada di sekitar Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan, dan selanjutnya di wilayah lain,” ujarnya.

Baca Juga :   Pemkab Balangan Terima Penghargaan dari PT PLN

Tak hanya itu, pihaknya juga akan meningkatkan penggunaan sanitasi di masyarakat, sehingga apa yang menjadi program dan kinerja Bupati Balangan terhadap sanitasi yang layak bisa tercapai 85 persen.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Balangan Cecep menjelaskan, infrastruktur Balangan khusus jalan dan jembatan sudah lumayan baik. Bahkan, kata Cecep, jalan poros antar kecamatan se-Balangan sudah beberapa tahun lalu rampung.

Sehingga, lanjutnya, pengembangan maupun pemeliharaan jalan lebih difokuskan bagi daerah pinggiran, begitu juga dengan pembuatan jembatan akan lebih banyak di daerah pelosok. “Sesuai visi misi Bupati, ke depan pembangunan infrastruktur menjadi skala prioritas khususnya daerah pinggiran,” pungkasnya.

FM Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here