DPRD Banjarmasin Inginkan PDAM Bandarmasih Pertahankan Pelanggan Perbatasan

212

KabarKalimantan, Banjarmasin – Adanya wacana PDAM Intan Banjar untuk mengambil alih aset di perbatasan yang masuk dalam kawasan Kabupaten Banjar memantik reaksi kalangan wakil rakyat di DPRD Banjarmasin.

Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin Aulia Ramdhan Supit menganggap, jika hal ini memang terjadi, pihaknya menginginkan PDAM Bandarmasih menolak wacana tersebut. Karena menurutnya, aset yang terletak di perbatasan itu telah menelan dana cukup besar.

“Kalau dihitung ada kurang lebih 10.000 pelanggan di wilayah perbatasan yang masuk Kabupaten Banjar telah dilayani PDAM Bandarmasih. Sayang kalau ini di ambil alih, kami menolak wacana itu,” tegas politisi Partai Golkar Banjarmasin ini di DPRD Banjarmasin, Rabu (4/3/2018).

Berbeda halnya, menurut Aulia, jika PDAM Intan Banjar membeli semua aset PDAM Bandarmasih yang sudah tertanam di wilayah tersebut. Dan ini pun juga harus dibicarakan melalui tahapan-tahapan yang serius. “Nanti kami akan panggil PDAM Bandarmasih untuk memperjelas ini,” katanya.

Baca Juga :   Sekretariat DPRD Banjarmasin Persiapkan Jas dan Pin Anggota Dewan Periode 2019-2024

Di pihak lain, Plt Dirut PDAM Bandarmasih Yudha Ahmadi menyatakan, saat ini jumlah pelanggan PDAM Bandarmasih di perbatasan masuk wilayah Kabupaten Banjar sekitar Sungai Lulut, Tatah Belayung dan Tambikar itu ada sekitar 14 ribu.

“Intinya jumlah pelanggan itu akan tetap jadi pelanggan PDAM Bandarmasih, wilayah-wilayah pemukiman baru nanti PDAM Intan Banjar yang akan melanjutkan pelayanannya,” paparnya.

Terkait PDAM Intan Banjar akhirnya akan mengambil alih semuanya, Yudha Ahmadi menyatakan, hal tersebut akan menjadi pembahasan panjang nantinya. “Selama ini kan kita membantu pemenuhan air bersih ke daerah itu karena dulunya mereka tidak mampu,” ujarnya

Sementara itu, Dirut PDAM Intan Banjar Syaiful Anwar memberikan keterangan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan petinggi PDAM Banjarmasin dan dewan setempat membahas tentang kelanjutan pelayanan di wilayah perbatasan tersebut.

“Kita sepakat masyarakat di perbatasan masuk Kabupaten Banjar yang selama ini dilayani PDAM Bandarmasih nantinya akan diserahkan ke PDAM Intan Banjar,” ujarnya.

Baca Juga :   THM di Banjarmasin akan Diuji Petik

Sementara ini, ungkap Syaiful Anwar, kesepakatannya, PDAM Intan Banjar akan melayani pelanggan sesuai dengan kemapuannya. “Karena jaringan pipa kita belum sampai perbatasan sana, akan tetap dilayani oleh PDAM Bandarmasih,” ungkapnya.

Namun saat ini, Syaiful menambahkan, jaringan perpipaan PDAM Intan Banjar sudah masuk ke wilayah Sungai Lulut, Tambikar dan Tatah Belayung.”Kita akan melakukan survai bersama nantinya dengan PDAM Bandrmasih, untuk kelanjutannya akan kita bicarakan di DPRD masing-masing,” terangnya.
SMARA AQDIMUL AZMI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here