DPRD Banjarmasin Segera Bahas Pertanggungjawaban APBD 2019

1 min read
64

KabarKalimantan, Banjarmasin – Wakil Ketua DPRD Banjarmasin HM Yamin mengatakan akan segera membahas pelaksanaan APBD 2019 yang disampaikan walikota awal Juli lalu.

“Insya Allah akan kami jadwalkan minggu depan,” ucap Yamin kepada wartawan, Kamis (16/7/2020).

Menurut Yamin, penyampaian pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dalam bentuk laporan keuangan  merupakan amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah.

Baca Juga :   Ini Saran Wakil Rakyat Kalsel untuk Antisipasi Kelangkaan Gas Elpiji 3 KG

Pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 ini, ujarnya, akan dijadwalkan dan dilakukan secara maraton melalui Badan Anggaran (Banggar) DPRD Banjarmasin.

“Kami optimis. Ini akan berjalan dengan baik dan tepat waktu,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Tugiatno menilai,  pelaksanaan APBD tahun anggara 2019 berjalan cukup baik.

Baca Juga :   Pin Kuningan Bersepuh Emas Anggota DPRD Banjarmasin Seharga Rp 300 Ribu

Terbukti, ujarnya, dari hasil pemeriksaan Laporan Keuangan tahun 2019 oleh BPK RI Perwakilan Kalsel, Pemkot Banjarmasin untuk ketujuh kalinya mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Meski pada sesi lain ada kekurangan, yaitu masih relatif besarnya sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) yang mencapai Rp 269 miliar,” terangnya.

Baca Juga :   Pengumuman Pemenang Lomba dan Pameran Foto Dilaksanakan Senin

Politikus PDIP ini pun berharap, masalah relatif besarnya silpa tersebut dijadikan sebagai catatan untuk dilakukan perbaikan. Terutama untuk penyediaan anggaran yang sudah dialokasikan melaksanakan pembangunan atau belanja langsung.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *