DPRD Banjarmasin Siapkan Prolegda 2019

283

KabarKalimantan, Banjarmasin – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Banjarmasin kini tengah menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2019.

Bapemperda DPRD Banjarmasin telah mempersiapkan sebanyak 7 Raperda inisiatif guna dimasukkan ke dalam Prolegda tahun 2019. Nantinya juga akan ada tambahan sebanyak 10 Raperda inisiatif dari Pemkot Banjarmasin.

“Saat ini setidaknya dewan sudah mempersiapkannya. Jadi kalau ditotal dengan Pemkot ada sekitar 17 Raperda pada Prolegda 2019,” ucap Wakil Ketua Bapemperda DPRD Banjarmasin, Matnor Ali belum lama tadi.

Ia menjelaskan, Raperda itu nantinya akan dibahas terlebih dulu bersama Pemkot Banjarmasin. Apa saja yang masuk dalam usulan pada Prolegda 2019. Jika telah ditentukan dan sudah mendapatkan hasil yang disepakati, maka proses selanjutnya, yaitu penandatanganan nota kesepakatan bersama penetapan program tersebut. “Itu nantinya akan diparipurnakan,” katanya.

Baca Juga :   Larangan Penggunaan Kantong Plastik Mulai Sasar Apotek

Terkait 7 Prolegda yang disiapkan Bapemperda, salah satunya akan termuat tentang  Raperda Jaminan Produk Halal dan Higienis. Menurutnya ini sanagat penting, sebab banyak produk makanan yang beredar, baik itu produksi dalam negeri sendiri maupun yang diimpor dari luar, telah dikonsumsi masyarakat.

“Ini penting untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif yang ditimbulkan. Terutama dari kehalalannya dan higienisnya suatu produk. Maka itu dibuat payung hukum untuk mengatur masalah tersebut. Apalagi masyarakat kota Banjarmasin mayoritas beragama Islam,” ujarnya.

Diakui politikus Partai Golkar ini, jumlahnya 17 Raperda yang tengah dipresiapkan itu, lebih sedikit dibandingkan Prolegda tahun sebelumnya . Pada tahun 2018 total Prolegda yang ditetapkan ada 20 Raperda. “Belum lagi ada tambahan dari Pemkot 2 Raperda. Ya tahun 2019 lebih sedikit,” jelasnya.

Terkait Proleda tahun 2018, menurutnya memang sebagian belum disahkan. Namun sudah dalam tahap proses pembahasan dan siap untuk difinalisasi. “Kami optimis, Prolegda itu sudah dapat disahkan sebelum berakhirnya tahun anggaran,” katanya.

Baca Juga :   Pemkot Dukung Wacana Pembangunan Replika Pasar Terapung di Ibukota

Smara Aqdimul Azmi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here