Sab. Sep 26th, 2020

DPRD dan Pemkab Batola Sepakati KUA-PPAS 2021

3 min read

KabarKalimantan, Marabahan – DPRD dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala menyepakati Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Platform Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD TA 2021 serta Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Platform Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD TA 2020, Selasa (11/08/2020).

Bentuk kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara Bupati Batola Hj Noormiliyani AS dan Ketua DPRD Saleh yang disaksikan Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Wakil Ketua DPRD Agung Purnomo dan Hj Arfah di hadapan para anggota dewan, Pj Sekda H Abdul Manaf, unsur Forkopimda, para pimpinan SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan undangan.

“Dengan ditandanganinya nota kesepakatan rancangan KUA-PPAS APBD 2021 dan KUPA-PPAS APBD 2020 ini, maka DPRD dan pemerintah daerah telah menjalankan tanggung jawab melalui kewenangan masing-masing sebagai kontribusi dalam membangun Barito Kuala,” ucap Bupati Batola Hj Noormiliyani.

Selain itu, lanjutnya, dengan ditandatanganinya KUA-PPAS APBD TA 2021 dan KUPA-PPAS APBD 2020 disamping merupakan konstitusional juga sebagai aktualisasi prinsip kemitraan antara pemerintah daerah dan DPRD.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu menerangkan, KUA-PPAS TA 2021 maupun APBD Perubahan TA 2020 telah dirumuskan sesuai program dan kegiatan prioritas serta tupoksi SKPD masing-masing.

“Melalui penandatanganan nota kesepakatan ini, berarti pemerintah dan DPRD Batola telah menyepakati alokasi TA 2021 dan rancangan perubahan APBD tahun 2020,” katanya.

Diakui Noormiliyani, pemanfaatan Silpa APBD TA 2019 memang belum optimal. Namun telah banyak alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur serta urusan wajib terkait pelayanan dasar yang tetap mendapat perhatian.

Ia juga menjelaskan, banyak anggaran belanja tak terduga yang cukup besar harus dialokasikan demi menjalankan kebijakan pemerintah pusat dalam mengendalikan pandemi Covid-19. Di samping banyak perubahan asumsi-asumsi kebijakan umum tahun 2020 karena terjadinya pandemi Covid-19 di daerah maupun nasional yang memengaruhi proyeksi pendapatan daerah secara keseluruhan.

Bupati pun berharap melalui komunikasi yang baik, akan ada sinergitas yang menjadi modal dalam merealisasikan tahapan proses penyusunan APBD berikutnya.

“Penggunaan anggaran pun akan dilakukan secara cermat dengan memegang asas total quality control berbasis kinerja yang menjamin anggaran tepat sasaran, tepat guna, tepat hasil, berdaya guna dan berhasil guna dalam mewujudkan Batola Setara, Barito Kuala satu kata satu rasa membangun desa dan menata kota menuju masyarakat sejahtera,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini menuturkan, pada dasarnya peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah merupakan aktualisasi prinsip kemitraan sebagai sesama unsur penyelenggara pemerintah daerah dalam rangka penyelenggaraan otonomi daerah.

Oleh karenanya, sebutnya, kemitraan yang sejajar ini perlu dibina secara optimal dalam koridor saling asah dan isi dengan menjunjung nilai-nilai kebersamaan sesuai fungsi, tugas dan peran masing-masing dalam membangun Batola tercinta.

Noormiliyani menambahkan, KUA-PPAS 2020 dan KUPA PPAS 2019 telah menghasilkan rumusan program dan kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan masing-masing SKPD berdasarkan tupoksi. Sinkronisasi dalam rangka  mewujudkan Visi dan Misi Pemkab Batola secara bertahap, terencana, dan sistematis merupakan substansi yang harus dikedepankan.

“Insya Allah dengan program dan kegiatan sebagaimana tertuang dalam kedua kesepakatan KUA dan PPAS ini penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Batola benar-benar dapat diabdikan bagi kepentingan masyarakat,” ucap Noormiliyani.

Sementara itu, Badan Anggaran DPRD Batola melalui juru bicara Basrin SHut mengatakan, rancangan KUPA PPAS APBD yang disetujui Pendapatan Daerah senilai Rp1.265.315.820.000 yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah Rp64.041.347.701, Dana Perimbangan Rp925.941.549.299, Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah Rp275.332.923.

Reporter: Mahmud Shalihin

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.