Kam. Mar 4th, 2021

DPRD Kalsel Sampaikan Usulan Revisi UU MD3

2 min read

Kabarkalimantan,Banjarmasin – Setelah mendapat aksi demontrasi dari puluhan mahasiswa, Senin tadi, Ketua DPRD Kalsel, H Burhanuddin langsung bertolak dan telah menyampaikan aspirasi para mahasiswa, terkait usulan revisi undang-undang MD3 ke Badan Legislasi DPR RI di Jakarta, Selasa kemarin.

Aspirasi para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kalsel yang menuntut DPRD Kalsel melakukan pengusulan revisi ke Pemerintah Pusat, terkait Undang-Undang MD3 , khususnya dalam Pasal 73, 122, 245 dan 427 A Huruf C, selambat-lambatnya tiga hari setelah audiensi dan penandatanganan kesepakatan.

“Aspirasi itu sudah kita sampaikan ke Banleg DPR di Jakarta,” ujarnya pada Rabu (14/3/2018).

Rombongan DPRD Kalsel di Jakarta, ditemui empat Staf Ahli Badan Legislasi DPR RI, yaitu Widyarto, Agung, Barus dan Ajeng.

Berdasarkan pertemuaan itu pada prinsipnya mereka mendukung dan dapat memaklumi adanya aksi-aksi demo menuntut revisi UU MD3 tersebut yang terjadi hampir di seluruh Indonesia.

Tuntutan ini kata dia, akan dijadikan pertimbangan oleh DPR RI sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Namun proses revisi tidak bisa dijalankan, karena aspek prosedur dari perencanaan sampai persetujuan secara formil UU MD3 sudah menempuh mekanisme penyusunan peraturan perundang-undangan.

Terhadap Rancangan UU MD 3 tersebut imbuh Burhanuddin, pada 12 Februari 2018 sudah dikirim ke Presiden. Namun sesuai UUD dinyatakan bahwa 30 hari setelah dikirim ke Presiden, yaitu 12 Maret 2018 maka UU MD3 tersebut bisa diundangkan dalam lembaran negara.

Masih meengutif penjelasan Banleg DPR RI, sebut dia, Mahkamah Konstitusi (MK) baru bisa memproses tuntutan revisi UU MD3 tersebut jika UU tersebut telah mendapatkan nomor registrasi dan masuk ke MK. “Jadi, UUDM3 pasti berjalan, tapi adanya usulan revisi itu ditampung dan akan menjadi evaluasi pihak pusat,” kata dia.

Terkait tuntutan mahasiswa lainnya, Politisi Partai Golkar ini menambahkan, DPRD Kalsel juga telah mengirimkan surat pernyataan mengajak DPRD di provinsi-provinsi yang lain atas aspirasi mahasiswa yang meminta wakil rakyat mengusulkan revisi UU MD3.

M RIZAL KHALQI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.