Rab. Jan 27th, 2021

DPRD Usul Danrem Antasari Diganti Jenderal Bintang Satu

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Burhanudin, mengusulkan Komandan Korem 101/Antasari sebaiknya diisi perwira tinggi TNI bintang satu seiring rencana Polda Kalsel naik status dari tipe B ke tipe A.

Sebab, bila rencana itu mulus, jabatan Kepala Polda Kalsel bakal ditempati oleh perwira tinggi Polri bintang dua atau Inspektur Jenderal. Burhanuddin ingin menyeimbangkan kedua instansi yang merupakan unsur Forkopimda. Saat ini, Komandan Korem Antasari dipimpin oleh Kolonel, dan Kepala Polda Kalsel dipimpin oleh Brigadir Jenderal.

“Kami paham, perubahan memerlukan banyak pertimbangan dan waktu yang tidak sebentar,” kata Burhanudin saat menerima kunjungan Sekolah Staf dan Komando Sesko TNI di Sekretariat DPRD Kalsel, Selasa (31/10/2017)

Direktur Pembinaan Manajemen Sekolah Staf dan Komando Sesko TNI, Darlan Harahap, akan menyampaikan usulan itu ke Mabes TNI karena lebih berwenang memutuskan. Ia mengatakan harus ada pertimbangan dan kajian lebih mendalam sebelum memutuskan pergantian aturan kepangkatan dalam jabatan Komandan Korem.

Darlan melanjutkan, keputusan itu akan merombak total struktur komando teritorial dan kepangkatan yang sudah ditetapkan. Alhasil, kalaupun Mabes TNI sepakat atas usulan Burhanudin, Darlan memastikan harus melalui proses panjang.

Darlan menilai usulan semacam ini membuktikan ada perhatian besar dari rakyat, yang menjadi bagian penting TNI.

Puluhan perwira siswa pendidikan reguler  Pasis Dikreg Sesko TNI melakukan Kuliah Kerja Dalam Negeri  KKDN di DPRD Kalsel.

Salah satu fokus kegiatan adalah analisa tentang batas wilayah dan negara yang menjadi rumusan masalah utama para calon jenderal bintang satu TNI ini.

M. RIZAL KHALQI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.