Kam. Mar 4th, 2021

Dua Parpol Tolak Dispensasi KPU Banjarmasin

1 min read

Ketua KPUD Banjarmasin, Bambang Budiyanto ketika di Pemko Banjarmasin. dok redkal.com

KabarKalimantan, Banjarmasin – Pendaftaran partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 di KPU Banjarmasin resmi ditutup tepat pukul 00.00 WITA, Senin (17/10/2017).

Dari 20 parpol yang terdata di Kesbangpol Banjarmasin, sebanyak 18 parpol telah menyerahkan persyaratan pendaftaran ke KPU Banjarmasin. Namun, KPU hanya bisa menerima 16 parpol yang memenuhi syarat pendaftaran verifikasi.

Dua parpol atas nama Partai Republik dan Partai Indonesia Kerja (PIKA) mendapatkan dispensasi selama 1×24 jam untuk melakukan perbaikan dan pelengkapan berkas. Adapun PKPI dan Partai Persatuan Bangsa (PPB) tidak menggunakan kesempatan itu.

Ketua KPU Banjarmasin Bambang Budiyanto, mengatakan kedua parpol itu mesti segera melengkapi berkas dalam tenggat waktu yang diberikan. “Jika mereka bisa melengkapi dalam waktu yang diberikan maka jumlah calon peserta pemilu kita kurang lebih 18 parpol,” katanya.

Sebelum ditetapkan sebagai peserta pemilu oleh KPU pusat pada 17 Februari 2018, masih ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh parpol yang mendaftar.

Komisioner KPU Banjarmasin Khairunnizan menjelaskan, satu bulan ke depan KPU akan melakukan penelitian administrasi. “Ini untuk memastikan bahwa tidak ada kegandaan data keanggotaan baik di internal maupun antar partai,” ujarnya.

Selain itu juga akan dilakukan pemeriksaan keabsahan data keanggotaan. “Mungkin diantara anggota yang terdaftar di parpol tertentu ada yang PNS atau TNI/Polri,” tambahnya lagi.

Hingga verifikasi faktual, parpol yang sudah mendaftar tersebut masih diberikan kesempatan untuk melakukan berbagai perbaikan.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Banjarmasin Muhammad Yasar menilai pelaksanaan pendaftaran partai politik peserta pemilu di Banjarmasin sudah sesuai koridor yang ada. “Saya harap kedepannya dapat berjalan lancar,” katanya.

M. ALI NAFIAH NOOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.