Rab. Agu 12th, 2020

Dua Paslon Cabup dan Cawabup Jalur Perseorangan Belum Cukupi Syarat Dukungan 

1 min read

KabarKalimantan, Batulicin – Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi syarat dukungan, dua bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Tanah Bumbu yang maju di Pilkada Tanbu jalur independen belum memenuhi jumlah syarat dukungan suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu Makruri menjelaskan, sesuai hasil rekapitulasi faktual yang dilaksanakan pihaknya, dua paslon yang belum memenuhi syarat dukungan suara itu ialah Mahyudin-Endro Susetyo Adi dan Mila Karmila-Zainal Arifin.

“Di 10 kecamatan, Mahyudin dan Endro Susetyo Adi hanya memperoleh dukungan sebanyak 1.378 orang. Sedangkan Mila Karmila dan Zainal Arifin sebanyak 18.339 orang,” kata Makhruri, Rabu (22/7/2020).

Untuk masuk ke bursa Pilkada Tanbu pada 9 Desember mendatang, lanjut Makhruri, pasangan Mahyudin-Endro Susetyo Adi harus menambah KTP dukungan sebanyak 22.321 orang. “Sedangkan pasangan Mila Karmila-Zainal Arifin masih kekurangan 5.360 dukungan,” jelasnya.

Bagi kedua paslon yang maju melalui jalur perseorangan itu, lanjut Makhruri, pihaknya masih memberikan waktu untuk melakukan pemenuhan syarat dukungan hingha 27 Juli mendatang.

Untuk memenuhi syarat dukungan, tambahnya, kedua paslon jalur perseorangan ini paling tidak harus menyetorkan KTP dukungan dua kali lipat dari jumlah kekurangan yang harus dipenuhi.

“Misalkan kekurangan syarat dukungan sebanyak 5.000, mereka harus mempersiapkan syarat dukungannya sebanyak 10.000. Karena kami akan melakukan verifikasi tahap kedua,” katanya.

Sementara untuk pendaftaran bakal calon yang maju di Pilkada Tanbu melalui jalur partai politik akan dibuka sejak 4-6 September.

Reporter: Slamet Riadi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.