Dusdukcapil Balangan Targetkan Pembuatan KIA 90 Persen

530

KabarKalimanatan, Paringin -Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten (Disdukcapil) Kabupaten Balangan mulai melakukan program layanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), dan ditargetkan 90 persen anak di Bumi Sanggam memiliki KIA pada 2019 ini.

“Dengan waktu yang tidak terbatas,  kami menargetkan layanan pembuatan KIA dengan jumlah warga yang tergolong anak dari usia 0-17 tahun dengan data keseluruhan yakni 46 ribu ” kata Kepala Disdukcapil Balangan Hifziani kepada Redkal.com, Rabu (12/6/2019).

Saat ini, ujarnya, sebagai permulaan sudah disiapkan 4.000 blangko KIA dengan sasaran awal untuk para pelajar.

“Pembuatan KIA cukup mudah, dimana orang tua hanya membawakan akte kelahiran, kartu keluarga dan untuk anak di atas lima tahun disertai foto ukuran 3×4 dua lembar,” ujarnya.

Sedangkan untuk anak usia di bawah lima tahun, sebutnya, tidak memerlukan foto, dan layanan pembuatan KIA gratis.

“KIA merupakan dokumen yang diperlukan untuk pemenuhan hak anak, selama ini identitas yang diperuntukan orang dewasa 17 tahun ke atas, padahal dalam undang-undang seluruh penduduk, anak pun harus punya identitas yang bisa dibawa kemana-mana,” jelasnya.

Ia mengakui, pihaknya sudah berusaha memberikan kemudahan dalam pembuatan KIA, agar program ini dapat berjalan dengan maksimal meskipun saat ini mengalami kendala kekurangan blangko yang tersedia.

“Bagi orang tua yang mempunyai balita, dapat membuatkan KIA untuk anaknya langsung ke Kantor Disdukcapil dengan membawa persyaratan yang sudah ditetapkan,” katanya.

Untuk menarik minat masyarakat membuat KIA, lanjut Hifziani, pihaknya akan menggandeng sejumlah vendor untuk memberikan promo menarik jika dapat menunjukkan KIA.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here