Edan! Dua Remaja Amuntai Mencuri Kotak Amal Masjid 

1104

KabarKalimantan, Paringin– Dua remaja tanggung asal Kota Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, kepergok mencuri kotak amal di Masjid At Taqwa, Desa Lampihong Kanan, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan. Kedua pelaku itu berinisial WS (19) asal Desa Paliwara dan TR (19) asal Desa Gang Manis. Warga mendapati aksi kedua pencoleng itu pada Selasa kemarin (1/8/2017).

Seorang saksi mata, Zainal, mengatakan aksi pelaku awalnya berjalan mulus dengan modus pura-pura singgah buang air di ponten milik masjid. Beres buang air, satu orang menunggu di halaman masjid dan satu orang lagi beraksi di dalam masjid. Namun, warga yang berada di lingkungan masjid menaruh curiga melihat gelagat pelaku.

Zainal kebetulan berdiri di seberang masjid saat kedua pelaku melancarkan aksi pencurian. Ia melihat kendaraan sepeda motor berhenti di depan Masjid At Taqwa dengan satu orang sedang jongkok. Adapun satu pelaku lain masuk ke ponten masjid. Setelah si pelaku buang hajat, Zainal mendapati pelaku berusaha mencongkel kotak amal di masjid.

“Melihat kotak amal dicongkel, saya langsung teriaki maling, maling. Sehingga banyak warga masyarakat yang keluar rumah dan pelaku berhasil ditangkap, kemudian kami serahkan ke Polsek lampihong,” kata warga Desa Lampihong Kiri itu.

Warga segera mengamankan pelaku. Menurut Zainal, pelaku mengakui berusaha menggondol duit kotak amal dengan cara merusak gembok menggunakan obeng.

Kepala Polsek Lampihong, Inspektur Dua Krismianto, membenarkan aksi pencurian itu. Polisi sudah mengamankan kedua pelaku beserta barang buktinya. “Kami proses lebih lanjut. Mereka  akan dijerat dengan pasal pidana pencurian dengan pemberatan,” ujar Ipda Krismianto.

 

F. M Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here