Jum. Feb 28th, 2020

Eksekutif Usulkan Perubahan Ketiga Perda Retribusi Jasa Umum

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ada dua agenda dalam Rapat Paripurna DPRD Kalsel pada Kamis (13/2/2020) siang. Pertama usulan gubernur terkait perubahan ketiga pada Peraturan Daerah (Perda) Retribusi Jasa Umum, dan kedua adalah penjelasan legislatif atas usulan tiga buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

 

Diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kalsel Abdul Haris Makkie, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menjelaskan atas pengajuan Raperda tentang perubahan ketiga Perda Retribusi Jasa Umum. Perda Nomor 14 Tahun 2011 itu dinilai sangat erat kaitannya dengan penyelenggaraan otonomi daerah.

 

Penyusunan Raperda tersebut merupakan tindak lanjut dari amanah Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

 

“Melalui kedua Undang-undang tersebut, daerah diberikan kewenangan untuk mengelola dan mengatur daerahnya sendiri, termasuk melakukan pungutan berupa retribusi daerah dalam rangja pelayanan yang diberikan pemerintah daerah untuk tujuan kepentingan dan kemanfaatan umum,” ucap Abdul Haris Makkie dalam penjelasan Gubernur.

Baca Juga :   Kalsel Sangat Optimis Jadi Ibukota Baru

 

Perubahan dianggap perlu agar kebijakan daerah yang ada dapat mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu perubahannya ialah terkait objek layanan baru, yaitu pelayanan persampahan/kebersihan pungutab daerah atas pemrosesan sampah di tempat pembuangan akhir regional Banjar Bakula yang baru diresmikan.

 

“Serta adanya penambahan objek, penghapusan objek dan perubahan tarif dasar pungutan daerah retribusi jasa umum dimaksud,” katanya lagi.

 

Sementara itu, usulan tiga raperda oleh legislatif diantaranya adalah Raperda tentang Peternakan Berkelanjutan oleh Komisi II, Raperda tentang Angkutan Sungai dan Danau oleh Komisi III, dan Raperda tentang Perlindungan Budaya dan Tanah Adat oleh Komisi IV.

Reporter: M Ali Nafiah Noor

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.