Kam. Okt 1st, 2020

Empat ASN Gunakan Narkoba?

2 min read

Wakil Walikota Banjarmasin Hermasyah

Empat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Banjarmasin terindikasi mengonsumsi narkoba.

Wartawan: M Syahbani

Perang terhadap narkoba terus digelorakkan Pemkot Banjarmasin. buktinya, Senin (18/12), Pemkot menggandeng Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banjarmasin untuk menggelar tes urine terhadap ASN setempat. BNNK Banjarmasin melakukan tes urine kepada 180 ASN Pemkot Banjarmasin. Hasilnya, cukup mengejutkan empat ASN terindikasi mengonsumsi narkoba.

Kepala BNNK Banjarmasin Ilyas mengatakan, hasil tes itu dibawa ke laboratorium sebagai tindak lanjut untuk memastikan apakah zat yang terkandung dalam urin ASN itu narkoba atau bukan.

“Ini masih indikasi. Kami akan uji kembali di laboratorium apakah benar ini narkoba atau bukan,” katanya.

Ia menjelaskan, tes urine yang dilakukan terhadap ASN memang sesuai instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk melakukan tes urine minimal satu tahun sekali.

Baca Juga :   BNNP Kalsel Terbitkan Surat DPO untuk Bunbun

“Tes narkoba di pemerintahan ini memang kewajiban ASN setiap setahun sekali. Mengenai apabila ada ASN yang terlibat narkoba, maka selanjutnya akan kami serahkan pada pimpinan di pemerintahan itu sendiri, terkait sanksinya bagaimana,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin Hermasyah yang juga tidak luput dari tes urine mendukung dengan adanya kegiatan tersebut. Dia selaku kepala daerah tentunya menghendaki ASN di Pemkot Banjarmasin bersih dari narkoba.

“Kami kan juga sudah menyatakan jika Banjarmasin ini darurat narkoba, ataupun zenith. Jadi kami sangat mendukung dengan kegiatan ini,” katanya.

Terkait ada yang empat ASN yang terindikasi mengkonsumsi narkoba, Hermansyah mengaku, tak segan menindak tegas jika nantinya anak buahnya tersebut terbukti mengkonsumsi narkoba.

“Tapi kan ini masih indikasi. Kita lihat lagi apakah benar itu narkoba atau bukan. Kalau terbukti positif, pasti kita tindak,” ujarnya.

Baca Juga :   Polisi Tangkap Rahman dengan Enam Paket Sabu

Kasus ASN menggunakan narkoba di Pemkot Banjarmasin memang bukan perkara baru. Bahkan, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengaku, telah memecat tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin yang terbukti positif memakai Narkoba.

Dia mengatakan, pemecatan dilakukan melalui SK yang sudah dia tandatangi pada November lalu. “2017 ini saya ada tandatangani pemberhentian tiga orang ASN, dari kasus yang terdahulu,” ucapnya.

Ibnu Sina merespons positif atas tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banjarmasin terhadap ASN Pemkot Banjarmasin.

Menurutnya, ASN sudah sepatutnya bersih dari Narkoba. terlebih Pemkot Banjarmasin telah menyatakan perang terhadap Narkoba dan obat terlarang lainya.

“Dalam rangka memastikan di jajaran Pemkot bersih dari narkoba dan pengunaan zat akditif lain. Kita sudah melaksanakan tes urine, berkoordinasi dengan BBNK Banjarmasin. Yang penting kita melakukan antisipasi. Misalnya kita ingin tegakkan Perda atau hukum tentu aparatnya juga harus bersih,” katanya.[]

Baca Juga :   Oknum Polisi Polresta Banjarmasin Kepergok Pesta Narkoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.