Sen. Jul 6th, 2020

Empat Tahun Berjalan, Visi Misi Pembangunan Kabupaten Balangan Tercapai 101,27 Persen

3 min read

KabarKalimantan, Paringin – Empat tahun memimpin Kabupaten Balangan, Bupati Balangan H Ansharuddin bersama wakilnya H Syaifullah berhasil membuat roda pemerintahan terus bergerak dinamis.

Tak hanya itu, Ansharuddin dan Syaifullah juga berhasil memposisikan Bumi Sanggam sebagai daerah yang terus menunjukan eksistensinya dalam berbagai kemajuan yang kesemuanya bertujuan untuj mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Meski demikian, banyak hal yang masih dalam proses pelaksanaan dan terus digenjot pelaksanaannya.

Untuk mewujudkan visi misi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pasangan yang mengusung jargon Sehati ini tak hanya fokus menjalankan program kerja unggulan seperti meningkatkan kualitas SumberDaya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), serta prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good goverment), amun juga terkait soal pemukiman dan penataan wilayah serta pemberdayaan masyarakat.

Keberhasil pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021, H Ansharuddin dan H Syaifullah ini juga dapat dilihat dari Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) Kabupaten Balangan 2019 lalu.

Baca Juga :   ASN Balangan Diwajibkan Pakai Tanda Pangkat

Dalam Lakip tersebut, pencapaian tujuan dan sasaran RPJMD 2016-2021 khususnya tahun 2019 yang merupakan tahun keempat pasangan H Ansharuddin dan H Syaifullah dapat disimpulankan jika rata-rata pencapaian misi yang tergambar dalam tujuh misi adalah sebesar 101,27 persen.

Ketujuh misi tersebut yakni, meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan, mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan, mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan, mewujudkan pemanfaatan sumber daya alam (potensi daerah) berdasarkan kearifan lokal yang berwawasan lingkungan, mengembangkan sosial budaya kemasyarakatan, optimalisasi pemberdayaan aparatur pemerintah daerah serta mewujudkan kamtibmas dan kepastian hukum untuk terciptanya suasana yang kondusif.

Keberhasilan pencapaian misi ini sendiri, menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Balangan telah berkomitmen untuk menjalankan secara optimal program-program yang sudah ditetapkan dalam dokumen perencanaan.

Dengan keberhasilan pembangunan ini, Bupati Balangan H Ansahruddin mengucapkan terima kasih kepada semua unsur terkait atas capaian pembangunan dalam kurun waktu empat tahun masa kepemimpinannya.

Baca Juga :   105 Warga Balangan Reaktif Rapid Test, 8 Diantaranya Tenaga Medis

Apalagi di empat tahun ini, Kabupaten Balangan menerima penghargaan dari BPK RI berupa opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 dan WTP ini didapatkan tujuh kali berturut-turut.

“Meski dalam kesibukan menghadapi pandemi Covid-19, kita tetap mampu memberikan hasil terbaik dengan menyelesaikan LKPD tahun anggaran 2019 dengan baik dan tepat waktu,” ujar Anshariddin.

Pihaknya menyampaikan Laporan Keuangan Pemkab Balangan sudah memenuhi empat indikator yang ditetapkan oleh BPK, pertama adalah laporan keuangan harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan, kedua mengenai kelengkapan bukti yang memadai, ketiga pengendalian intern harus baik dan yang keempat penyusunan harus sesuai undang-undang.

Diakuinya pula, opini WTP dari BPK bukan berarti tidak adanya kekurangan dalam pengelolaan keuangan daerah. Untuk itu setiap catatan BPK sesuai LHP yang diterima sesegara mungkin akan ditindaklanjuti sesuai petunjuk BPK.

Baca Juga :   Ruang Baca Khusus Anak Hadir di Perpusda Balangan

“Kita akan patuh, melakukan pengelolaan keuangan dengan akuntabel dan selalu mengikuti petunjuk BPK. Opini BPK ini pula merupakan output dari itu semua, penggunaan keuangan kita sudah dianggap baik dan akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan. Dan perlu kami sampaikan juga kepada masyarakat bahwasanya APBD Kabupaten Balangan terbuka untuk umum dan tidak ada yang ditutupi,” tegasnya.(advertorial)

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.