Empat Titik Api Muncul di Balangan

213

KabarKalimantan, Paringin– Pemerintah Kabupaten Balangan, Polres Balangan, sukarelawan damkar, dan TNI-AD menggelar apel gabungan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Terminal Paringin, Selasa (22/8/2017). Agenda apel bertujuan mengantisipasi dan mengecek kesiapan personel menghadapi potensi karhutla.

Bupati Balangan, H Ansharuddin, memimpin apel gabungan dengan didampingi Kapolres AKBP Moh. Zamroni dan Dandim 1001 Amuntai-Balangan, Letkol Arya Sangita Saleh. Ansharuddin berkesempatan menjajal alat pemadaman api watercanon milik Polres Balangan.

“Harus tetap siaga dan juga jaga keselamatan saat dilapangan, ini tugas kita bersama, saya harap semua elemen masyarakat bisa membantu dalam penangulangan Karhutla diBalangan,” ujar Ansharuddin.

Ia mengapresiasi BPBD yang membentuk posko, pembinaan kelompok-kelompok atau kampung siaga bencana, sosialisasi pencegahan bencana, dan sebagainya. Menurut Ansharuddin, semua itu upaya mencegah atau meminimalisir dampak bencana.

BPBD Balangan mencatat, dari awal Januari – Agustus 2017, ada empat kali laporan muncul hotspot. Rinciannya: dua titik di lokasi lahan tambang PT Adaro Indonesia, kecamatan Halong dan Juai; dan satu titik api di lahan masyarakat, Kecamatan Juai; dan satu titik api di Kecamatan Awayan.

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoefah Love, mengungkapkan tetap siaga karhutla bila sewaktu-waktu ada laporan deteksi Satelit Aqua Terra atau Modis. Menurut dia, titik panas terdeteksi berada di lahan milik perusahaan tambang, lahan masyarakat yang kondisi semak belukar,dan sebagian hutan.

Agar kejadian kebakaran tidak meluas, BPBD Balangan bersama TNI Polri, Dinas Kesehatan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta instansi lainnya membentuk tim gabungan penanganan kebakaran dengan membangun pos komando yang berada di pusat Kota Paringin.

“Salah satu tugas dari tim tersebut adalah melakukan pemadaman kebakaran di wilayah Balangandengan mengerahkan sejumlah armada yang dimilikinya” ucap Alive

Tim juga bertugas menjalin kerja sama dengan semua elemen masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan perusahaan untuk melakukan pencegahan dan pemadaman kebakaran.

F. M Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here