Fantastis, BPHTB Banjarmasin Capai 117 Persen

334
Bangunan yang menyesaki Kota Banjarmasin. redkal.com

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kepala badan Keungan (Bakeuda) Kota Banjarmasin Subhan Noor Yaumil mengklaim, pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2017 dari sektor Bea Perolehan atas Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) mencapai 117 persen dari target Rp 32, 5 miliar.

“2017 ini target capaian PAD dari pungutan BPHTB sudah mencapai Rp 36 miliar lebih. atau sudah mencapau 117 persen dari target,” ucapnya di sela kegiatan malam silaturahmi bersama notaris se Banjarmasin di Hotel Arya Barito, Rabu (20/12/2017) malam.

Dia mengungkapkan, pencapaian target yang sangat fantastis itu karena peran serta keaktifan para notaris di Kota Banjarmain untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin dalam memungut BPHTB.

“Sejak 2013 pemungutan BPHTB ini dilimpahkan ke kabupaten/kota. Pada saat itu kita targetkan Rp 12 miliar, akan tetapi tidak pernah tercapai. Sampai tahun 2016 secara perlahan terus terjadi peningkatan. Dan sampai 2017 kita bisa melebihi target, ini rekor yang sangat luar biasa,” katanya.

Pemasukan BPHTB bersifat insidentil karena pemungutan didapat hanya saat ada transaksi jual beli tanah saja. Dia berharap, kondisi seperti ini bisa terus dipertahankan mengingat ada kenaikan target sektor BPHTB untuk PAD tersebut menjadi Rp 35 miliar pada 2018.

“Jadi kami melihat pertumbuhan ekonomi dan ivestasi di Banjarmasi terus membaik. Di tahun 2018 mencoba menaikan target menjadi Rp 35 miliar . Mudahan diawal tahun nanti kami bisa merealisasikan target itu nati,” Subhan Noor Yaumil.

M SYAHBANI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here