Ming. Apr 11th, 2021

Finalisasi Raperda Pariwisata Halal Kembali Tertunda

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda ) tentang Pariwisata Halal Kota Banjarmasin, Hilyah Aulia mengatakan, finalisasi Raperda Pariwisata Halal kembali tertunda.

Pasalnya, pihak dinas terkait tidak menghadiri undang pembahasan finalisasi Raperda di gedung dewan setempat.

“Dua kali kami undang dinas terkait tidak datang. Dengan terpaksa finalisasinya ditunda. Awal Januari 2021 ini Insya Allah kembali diagendakan dan selesai,” ucap Hilyah Aulia kepada wartawan, Rabu (30/12/2020).

Padahal ujar Hilyah, pembahasan dan proses pembentukan aturan itu sudah dapat selesai dan disahkan menjadi Perda paling lambat akhir tahun 2020 ini.

“Ini juga akan kami laporkan ke pimpinan dewan. Kami akan mengundang kembali dinas terkait. Harapannya Januari bisa difinalisasi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansus Raperda Pariwisata Halal Dharma Sri Handayani menyampaikan, peraturan daerah ini sangat bermanfaat bagi warga di Kota Seribu Sungai.

Di dalam Raperda itu tertuang aturan terkait adanya fasilitas umum di objek wisata. Salah satunya, tersedianya ruang ibadah dan fasilitas bersuci terpisah antara laki-laki dan perempuan di semua objek wisata di kota ini.

Sedangkan fasilitas pendukung lain, yaitu tersedianya petunjuk arah kiblat, informasi tempat ibadah terdekat dan informasi tentang makanan atau minuman serta produk halal lainnya.

“Terkait pelaksanaan Perda ini nantinya, maka seluruh industri pariwisata termasuk hotel atau penginapan wajib menyediakan fasilitas pendukung tersebut. Semoga dinas terkait nanti dapat berhadir dalam finalisasi, sehingga tidak terbengkalai,” pesannya.

Reporter: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.