FKPSK Kalsel Mulai Persiapkan Hari Teater Dunia

120

BANJARMASIN, KK – Hari teater sedunia dirayakan tiap 27 Maret sudah mulai dipersiapkan oleh Forum Komunikasi Pekerja Seni Kampus Kalimantan Selatan (FK-PSK Kalsel).

Ukon, salah satu penggerak FK-PSK Kalsel mengatakan telah mengadakan pertemuan pertama mereka untuk membicarakan pelaksanaan perayaan hari teater sedunia itu.

Sejumlah perwakilan komunitas anggota forum yang datang dari berbagai kampus di Kalsel itu telah mengadakan pertemuan, Sabtu (7/1/2017) di Open Space Unlam.

Ia menjelaskan, para pekerja seni kampus se-Kalsel tersebut telah membahas beberapa hal terkait pergerakan dan konsep kegiatan yang akan mereka laksanakan itu. Musyawarah berlangsung alot dalam suasana kekeluargaan yang mereka budayakan.

“Dari jam tiga sore, pembicaraan selesai sampai menjelang malam, kami juga sempat pindah tempat ke Gedung Serba Guna Unlam karena hujan,” ucapnya kepada Kabar Kalimantan, Senin (9/1/2017).

Dalam pertemuan itu mereka menyepakati akan mengadakan parade teater dari seluruh komunitas teater yang ada di Kalsel. Ia juga menjelaskan kepanitian untuk pelaksanaan hari teater sedunia tersebut adalah kepanitiaan bersama yang pada tahun ini difasilitasi oleh Teater Ilalang PBSI FKIP Unlam.

“Tahun ini yang menjadi fasilitator adalah Teater Ilalang, tapi tetap dipersiapkan secara bersama-sama oleh seluruh anggota FK-PSK Kalsel,” ujarnya.

Ukon juga mengatakan mereka belum memutuskan tempat untuk pusat pelaksanaan kegiatan. Mereka akan membahas pada pertemuan selanjutnya. Direncanakan pertemuan diadakan rutin seminggu sekali untuk mempersiapkan acara.

“FK-PSK pun hanya sebagai penggerak, kita akan melibatkan seluruh komunitas teater di Kalsel, baik itu komunitas pelajar maupun independen,” tambahnya.

Ia berharap pada perayaan hari teater sedunia yang akan datang tersebut dapat membawa energi positif bagi iklim kesenian teater di Kalsel. Sehingga perlu keterlibatan seluruh pihak yang bersangkutan, seperti instansi pemerintahan juga dewan kesenian. nfi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here