Rab. Agu 12th, 2020

Fly Over akan Gusur Taman Sari dan Pasar Baru

2 min read

BANJARMASIN, KK – Pemerintah Kota Banjarmasin rencananya kembali melakukan pembebasan lahan di kawasan Taman Sari dan Pasar Baru. Itu menyusul rencana pembangunan fly over dari Jalan Pangeran Antasari hingga menyeberang ke Pasar Baru.

“Naik jalan itu dari depan Mitra sampai depan Min Seng, jadi pagar Swiss Bell Hotel dan Mitra itu kena,” ucap Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto di Balai Kota Kamis, (22/12/2016).

Ia mengungkapkan, dari pendataan awal yang didapat pihaknya tercatat 30 kios pedagang yang berdiri di tanah milik Pemkot, baik itu yang berada di Pasar Baru maupun Taman Sari.

“Taman Sari milik Pemkot, Pasar Baru juga milik Pemkot, tapi bangunannya bukan,” imbuhnya.

Ditambahkanya, pembangunan fly over bukan proyek milik Pemkot, melainkan pemerintah provinsi dan Balai Jalan. Sedangkan Pemkot hanya mempunyai wewenang untuk melakukan pembebasan lahan yang anggaran awalnya sebesar Rp30 miliar.

Di hari yang sama, salah seorang pedagang Pasar Baru saat ditemui wartawan Kabar Kalimantan, mengatakan sudah mendengar desas-desus tentang pembangunan fly over tersebut. Akan tetapi sampai saat ini belum didatangi petugas yang mendata bangunan kios yang ditempati.

“Sudah empat puluh tahun kita membuka usaha di sini, kalau kawa jangan sampai digusur,” ucap H Gani, salah seorang pedagang kepada wartawan.

Menurutnya, jika sampai pembebasan lahan itu terjadi, tentu nantinya akan berdampak pada usahanya, seperti para pelanggan yang puluhan tahun sudah berbelanja di tempatnya akan menghilang. Ia juga bingung harus pindah ke mana lagi, sebab lahan di daerah tersebut sudah penuh.

Dikatakannya, bahwa sebenarnya pihaknya juga membayar per tahun untuk menyewa kepada pemilik lahan tersebut, akan tetapi saat ditanya nominal, ia enggan menjawab.

“Pos polisi yang di samping jembatan itu saja tanahnya milik anggota DPR, sama dengan toko ini, kami sering setor ke sana,” pungkasnya. bur/ara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.