Rab. Jan 27th, 2021

Foto Pembuatan Jamang Makam Sultan Suriansyah jadi Jawara Lomba Foto Press Room Pemkot Banjarmasin

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin -Foto karya Arief Setiawan, berjudul Pembuatan Jamang berhasil meraih juara pertama dalam lomba foto yang dilaksanakan press room Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Senin (8/10/2018).

Warga Jalan Cemara Raya, Banjarmasin Utara ini memboyong hadiah berupa plakat, piagam penghargaan, serta uang pembinaan senilai Rp5 juta, dari lomba foto yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan hari jadi ke-492 Kota Banjarmasin.

“Saya tidak menyangka kalau foto saya berhasil terpilih. Saya sempat ragu, karena kawan-kawan fotografer handal juga banyak yang ikut. Tapi alhamdulillah hadiah ini untuk keluarga saya di rumah,” ujar Arief usai penyerahan.

Ketua dari Komunitas Soft Media Makro itu menceritakan sedikit tentang proses pengambilan foto Pembuatan Jamang tersebut. Foto itu diambil di lokasi seberang makam Sultan Suriansyah, Kuin Selatan, dua hari sebelum waktu pengumpulan foto ditutup.

“Memang kemarin saya hunting. kebetulan saya melihat pengrajin yang ada di foto itu sedang membuat Jamang. Ya saya ambil saja fotonya,” bebernya.

Lantas, untuk siapa Jamang (ornamen ukiran kayu yang terdapat pada sudut-sudut atap bangunan Banjar) itu dibuat? Arief sempat menanyakan kepada pengrajin. Rupanya, Jamang itu dibuat untuk atap makam Sultan Suriansyah. “Katanya saat ini makam tengah direnovasi,” imbuhnya.

Saat ditanya, Apakah ini alasan mengapa foto tersebut berhasil meraih juara satu? Arief hanya tersenyum. Foto itu memang memiliki daya tarik tersendiri bagi juri. “Memang, dari empat dewan juri semuanya lebih cenderung memilih foto Arief,” ucap ketua pelaksana lomba foto, Hamdani.

Dani mengatakan, dari total 60 peserta yang mendaftar terkumpul 180 foto yang dilombakan. Sedang yang masuk nominasi berjumlah 36 foto. “Dari 36 foto itulah terpilih untuk terbaik satu, dua, dan tiga dari kategori DSLR/Mirrorless. Serta terbaik satu, dua, dan tiga, kategori mobile camera.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung acara ini. Semoga kedepan kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali,” harapnya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, yang juga menjabat sebagai Juri I, memberikan apresiasi kepada peserta. Orang nomor satu di Banjarmasin itu tak menyangka peminat lomba foto cukup banyak.

Ibnu mengakui, dari tiga tema Kota Sungai, Ekonomi Kreatif, serta Smart City, yang lebih dominan ditampilkan para fotografer adalah kota sungai.

Sebenarnya ujarnya, smart city bukan hanya berkutat pada konten digital atau di bidang IT saja. Akan tetap juga terkait inovasi. sebut saja seperti pembuatan gas metan dari sampah. serta smart living.

“Fasilitas WiFi, termasuk pembayaran secara online, pelayanan satu pintu. itu kan termasuk smart city,” pungkasnya.

M Syahbani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.