Gaji Pasukan Kuning Dinaikkan?

281

Petugas kebersihan alias pasukan kuning berperan besar membawa Kota Seribu Sungai meraih Piala Adipura. Namun, ternyata gaji mereka masih rendah.

Anggota Komisi IV DPRD Banjarmasin Zainal Hakim mengungkapkan, upah mereka hanya kurang lebih satu juta rupiah saja. “Tentu jumlah ini sangat kurang,” ujarnya di Ruang Komisi IV DPRD Banjarmasin, Selasa (29/8).

Ia menyampaikan, pasukan kuning mempunyai andil besar terhadap pencapaian Adipura Banjarmasin yang didapat tiga kali berturut-turut. “Inilah yang menjadi salah satu pertimbangan kami. Kenapa gaji mereka perlu ditambah,” ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, petugas kebersihan tidak ada pergantian ship. Hal ini dinilainya tidak sesuai dengan upah pekerja tersebut. “Kalau tidak ada pergantian ship, sudah saatnya Pemkot memperhatikan nasib petugas kebersihan ini. Dengan menaikkan gaji mereka tentunya,” ucapnya

Politisi PKB ini mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkot Banjarmasin untuk memperjuangkan nasib pasukan kuning ini. “Dianggaran perubahan nantinya, kami akan usulkan kenaikan gaji mereka,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kenaikan gaji pasukan kuning ini akan disesuaikan terlebih dahulu dengan kemampuan daerah. “Nantinya kenaikannya harus disesuaikan terlebih dahulu, paling tidak mendekati UMK di Banjarmasin,” katanya.

Selanjut ia berharap, dengan adanya kenaikan atau tambahan gaji ini, selain sebagai bentuk apresiasi juga agar pasukan kuning di Banjarmasin lebih giat lagi dalam bekerja. “Semoga kota seribu sungai ini menjadi kota yang selalu terjaga kebersihannya,” jelasnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here