Gaji Tak Naik, PNS Hanya Terima THR Sebesar Satu Bulan Gaji

764

KabarKalimantan, Batulicin – Pegawai Negeri Sipil (PNS) nampaknya harus bersabar menunggu gaji lebih besar. Pasalnya, pada 2018 ini pemerintah belum berencana untuk menaikannya. Tercatat, terakhir kali gaji PNS naik pada 2015 lalu sebesar 6 persen.

Peraturan itu nampaknya berlaku bagi seluruh PNS di Tanah Air, tak terkecuali di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tanah Bumbu Mahriyadi Noor mengatakan, gaji PNS memang tak mengalami kenaikan. Namun, setiap tahun PNS mendapat gaji ke-13 dan 14.

“Kalau gaji ke-13 itu pihak PNS Tanbu menerimanya pada awal ajaran baru, sedangkan untuk gaji ke-14 tersebut kami terima menjelang hari raya sama seperti THR,” kata Mahriyadi kepada Kabar Kalimantan, Selasa (20/2).

Nampaknya, gaji ke-13 dan 14 itu merupakan kompensasi yang diberikan sebagai kebijakan pemerintah. PNS diberikan tunjangan hari Raya (THR) sebesar gaji pokok yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 15 Tahun 2017 tentang APBN 2018 dan Nota Keuangan APBN 2018.

Baca Juga :   Jalan Desa di Tanah Bumbu Rusak Parah Akibat Truk BBM

Mahriyadi mengatakan, jumlah PNS di Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun 2018 berjumlah 4.282. Sedangkan jumlah pegawai tidak tetap (PTT) dan honorer mencapai 4.770 orang.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 19 tahun 2017 tentang perubahan Atas PP Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru dan pada PP Nomor 7 tahun 1977 telah diuraikan bahwa kenaikan gaji untuk PNS terbagi dalam beberapa kategori.

“Pertama, kenaikan gaji berkala setiap dua tahun sekali. Kedua, kenaikan gaji istimewa dengan hasil pelaksanaan kerja dengan kategori ‘Amat Baik’. Ketiga, kenaikan gaji karena kenaikan pangkatngkat dan yang keempat adalah kenaikan gaji karena kebijakan pemerintah (melalui PP) yang mengikuti besaran inflasi yang tertuang dalam nota keuangan,” beber Mahriyadi.

Kemudian, lanjut Mahriyadi, untuk sistem penggajian Guru PNS dan PNS lainnya secara umum tak berbeda. Bedanya hanya, PNS guru memperoleh tunjangan profesi guru yang diberikan kepada guru yang mempunyai sertifikasi pendidik sebagai penghargaan atau profesionalitasnya.

Baca Juga :   Bandara Bersujud Buka Rute Penerbangan Baru

SLAMET RIADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here