Gencarkan Vaksinasi, Dewan Minta Warga Tetap Terapkan Prokes Ketat

2 min read
753

KabarKalimantan, Banjarmasin – Meskipun nantinya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang hingga kini masih berstatus level 4 akan turun level, kalangan wakil rakyat di DPRD Banjarmasin meminta warga tetap melaksanakan Prokes dengan ketat.

Sebab, ujar Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Noorlatifah, pandemi Covid-19 di kota ini belum sepenuhnya reda. Semua elemen masyarakat diminta untuk tetap waspada, menjalankan aturan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Tapi jangan lengah, tetap waspada, terapkan 5M dengan baik. Selalu menggunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan, selalu cuci tangan dengan sabun dan mengurangi mobilitas,” ujar Lala sapaan akrabnya, Kamis (14/10/2021).

Baca Juga :   2019, Pemkot Terapkan Larangan Penggunaan Kantong Plastik di Dua Pasar Tradisional

Dengan akan menurunnya level PPKM di Banjarmasin, Lala pun mengapresiasi langkah pemerintah setempat menekan angka penyebaran Covid-19 di kota ini.

Namun, dirinya meminta pemerintah dan semua elemen masyarakat agar sama sama menjaga dan berusaha menurunkan angka Covid-19. “Artinya semua bertanggungjawab untuk menekan penyebaran Covid-19 ini,” katanya.

Terkait vaksinasi lansia yang masih rendah, politikus Golkar ini meminta Dinkes Banjarmasin untuk jemput bola. Mendatangi warga dari pintu ke pintu untuk mensosialisasikan betapa pentingnya vaksinasi, khususnya bagi para lansia.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Covid-19, MTQN ke XXXIII Tingkat Provinsi di Tanah Bumbu Ditunda  

“Harus ada sosialisasi dan edukasi bagi para lansia agar mau melakukan vaksinasi. Karena saat ini vaksinasi untuk lansia masin minim,”ujarnya.

Untuk mempercepat vaksinasi di Kota Seribu Sungai, dirinya meminta pemerintah melalukan kerjasama dengan pihak swasta atau organisasi yang ada di Banjarmasin, sehingga kekebalan kelompok dapat segera terbentuk.

“Perlu adanya kerjasama dengan pihak swasta. Karena vaksinasi ini sangat penting untuk membentuk kekebalan kelompok,” ungkapnya.

Baca Juga :   Guru Agama dan Honor Audiensi ke Dewan Banjarmasin

Salah satu Dosen Uniska Banjarmasin, Zayid Musyaffa mengatakan, memang untuk menekan angka penyebaran Covid-19 perlu dilakukan vaksinasi dengan cepat. Apalagi saat ini ketersediaan vaksin sudah banyak.

“Penting vaksinasi itu. Walaupun sepenuhnya tidak dapat membentengi diri dari Covid-19. Paling tidak ini salah satu cara. Yang penting warga patuh protokol kesehatan. Insya Allah Covid-19 segera berakhir,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *