Rab. Sep 30th, 2020

Generasi Muda Sungai Lulut Dibekali Wawasan Kebangsaan

2 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Banjarmasin sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Selatan dengan jumlah penduduk kurang lebih 700 ribu jiwa memiliki segudang permasalahan. Tentunya perlu langkah-langkah strategis agar konflik intern bisa dihindari.

Salah satu caranya ialah dengan memperkokoh rasa nasionalisme di masyarakat, guna terciptanya situasi yang kondusif, serta terbentuknya tatanan masyarakat yang bisa memfilterisasi informasi yang bisa memecah belah persatuan.

Seperti yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banjarmasin, Selasa (28/8/2018). Bertempat di Kantor Kelurahan Sungai Lulut, Banjarmasin Timur, sejumlah perwakilan dari lapisan elemen masyarakat dari tokoh pemuda dan tokoh agama serta lembaga lain diikutsertakan dalam sosialisasi wawasan kebangsaan.

Kasubid Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Banjarmasin, Budiono mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Kesbangpol Banjarmasin. Dimana ini merupakan kali ketiga dilaksanakan. Dengan mengetikkan keterlibatan dari kaum pemuda di Kelurahan Sungai Lulut.

Baca Juga :   Warga Kuin Utara Diminta Hindari Paham Demokrasi Liberal

“Sosialisasi dengan tema menumbuhkan rasa nasionalisme untuk memperkokoh NKRI sebagai refleksi kembali nilai-nilai wawasan kebangsaan kepada masyarakat yang diharapkan bisa memberikan informasi kembali ke lingkungan masyarakat lain,” ucapnya di sela kegiatan.

Budiono menyadari, kegiatan yang dilaksanakan empat kali dalam setahun tersebut memang masih dirasa terlalu minim. Akan tetapi dengan strategi yang diatur dengan sistem rolling peserta, dimana selanjutnya bisa disebarkan kembali para perwakilan peserta ke lingkungannya, paling tidak diharapkan informasi yang diberikan bisa menyebar lebih luas.

“Dihitung dari jumlah masyarakat sekitar kurang lebih 700 ribu kalau melaksanakan cuma 3-4 setahun sangat kurang sekali. Strateginya agar peserta yang diikutsertakan tidak itu-itu saja, dalam surat undangan dari kelurahan juga ditekankan untuk peserta agar bisa bergantian,” pungkasnya.

Sementara itu, Lurah Sungai Lulut Umar Rahmani memberikan apresiasi dengan kegiatan sosialisasi tersebut. Kegiatan semacam ini sangat diharapkan bisa terus dilakukan secara berkesinambungan.

Baca Juga :   Kesbangpol Tanbu Sosialisasikan PPWK di SMKN 1 Simpang Empat

“Kami sangat bersyukur dengan kegiatan ini, mudah menambah kecintaan terhadap tanah air, rasa kebangsaan bagi masyarakat Sungai Lulut. Apalagi ini masih dalam momentum peringatan 73 tahun kemerdekaan,” ujarnya.

M Syahbani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.