Jum. Feb 28th, 2020

Gerak Cepat, BPBD Balangan Langsung Pantau Titik Longsor 

1 min read

KabarKalimantan, Paringin – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan langsung bergerak cepat menuju ke lokasi bencana tanah longsor yang menimpa beberapa desa di wilayah Bumi Sanggam, Rabu (28/1/2020).

Titik longsor yang didatangi sekaligus oleh BPBD Balangan itu ialah Desa Liyu dan Desa Karya di Kecamatan Halong, serta Desa Matang Lurus, Kecamatan Lampihong.

Kasi Kedaruratan BPBD Balangan Muhammad Syuhada usai meninjau lokasi longsor mengatakan, longsor di tiga titik tersebut kerusakannya beragam. Di Desa Liyu yang terdampak adalah jalan umum sepanjang 16 meter dan lebar 2 meter, di Desa Karya juga berdampak pada jalan umum yang berdekatan dengan jembatan sehingga berakibat jalan tergerus, sedangkan di Desa Matang Lurus longsoran tanah menggerus jalan aspal sepanjang 27 meter dan lebar 3 meter.

“Di beberapa titik jalan yang terkena longsor memang masih bisa dilewati. Kami juga melakukan pendataan sebagai bahan acuan kalau nantinya diperlukan untuk penanganannya,” ujarnya.

Menurutnya, penyebab utama terjadinya longsor yang berakibat tergerusnya jalan ini, karna adanya abrasi tanah yang disebabkan gerusan air sungai di bawahnya.

Secepatnya, lanjut Syuhada, pohaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan lanjutan. “Nanti kami koordinasikan untuk penanganan longsor ini,” bebernya.

Terlepas dari itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap terjadinya musibah, terlebih saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Prediksi kebencanaan di tahun 2020 ini, Balangan akan menghadapi musim hujan yang masih berlangsung beberapa bulan ke depan. Kami mengharapkan kerja sama masyarakat, salah satunya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.