Gerak Jalan, Gelorakan Semangat Kemerdekaan

755

KabarKalimantan, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Sahbirin Noor melepas peserta lomba gerak jalan 8 kilometer yang start di Siring 0 Km Banjarmasin, Kamis (8/8/2019).

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, lomba gerak jalan tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalsel dan HUT RI ke-74.

“Lomba gerak jalam ini bukan hanya sekadar lomba gerak jalan biasa, tetapi ada makna mendalam yang tersirat di dalamnya,” kata Paman Birin.

Ia menuturkan, lomba gerak jalan yang memiliki tiga tingkatan, yakni gerak jalan 8 Km, 17 Km, dan 45 Km, merupakan angka yang begitu melekat dan memiliki arti bagi bangsa. Angka-angka yang menyatakan waktu proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Jadi, gerak jalan ini lomba yang sekaligus juga mengandung semangat, sejarah, dan kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia dan Banua Kalimantan Selatan,” ucap Paman Birin.

Baca Juga :   30 Perguruan Tinggi Kalsel Ikuti Pomda 2019

Paman menjelaskan, Kalimantan Selatan mempunyai pahlawan Pangeran Antasari yang mempunyai semboyan Waja Sampai Kaputing. “Untuk itu, semangat ini harus terus kita gelorakan. Ayo kita taklukan tantangan,” katanya.

Paman Birin berpesan kepada peserta untuk menjaga keselamatan bersama dan stamina dengan sebaik-baiknya karena saat ini berada di musim panas.

“Tunjukan kemampuan terbaik kalian. Dan dewan juri saya harapkan berlaku adil karena juara dari gerak jalan ini kebanggaan bagi Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Hermansyah menyampaikan, lomba gerak jalan ini diikuti 96 regu dari tingkat SD, SMP, SMA dan umum.

“Untuk tingkat SD, MI, SMP dan MTs kategori 8 Km. SMA, SMK dan dewasa puteri kategori 17 Km. Sedangkan kelompok putera dewasa atau umum di kategori 45 Km. Sementara hadiah yang kami sediakan totalnya Rp200 juta,” pungkas Hermansyah.

Baca Juga :   Paman Birin Sahur Bersama Seniman Banua

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here