Gewsima Mega Putra Komitmen Dukung Program Bank Sampah di Bumi Saijaan

4

KabarKalimantan, Kotabaru – Anggota DPRD Kabupaten Kotabaru Gewsima Mega Putra berkomitmen mendukung program bank sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Terlebih menurutnya, Bank Sampah Desa Semayap merupakan suatu contoh kegiatan positif yang harus ada di setiap desa di Bumi Saijaan.

“Selain membuat lingkungan menjadi bersih, keberadaan bank sampah ini juga merupakan aspek utama kita dalam upaya mendapatkan Adipura,” katanya saat menyaksikan penimbangan sampah di Bank Sampah Desa Semayap, Selasa (17/9/2019).

Terkait usulan bantuan yang diharapkan para pengelola Bank Sampah Karya Utama Mandiri, ia sudah mengusulkan bantuan kendaraan roda tiga dan gudang.

“Alhamdulillah, kita sudah mendapat lampu hijau. Insya Allah pada 2020 mendatang akan mendapatkan bantuan itu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bank Sampah Karya Mandiri Suci Setia Dewi mengungkapkan, tujuan dibentuknya bank sampah tersebut tak lain merupakan upaya mengajak masyakarat untuk mengelola sampah agar dapat dimanfaatkan menjadi nilai ekonomi.

“Kami ingin mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk mengelola sampah yang di hasilkan sendiri (rumah tangga), sehingga dapat mengurangi volume sampah yang ditimbun ke TPA,” ucapnya.

Sedikit ia membeberkan tentang keberhasilan dalam mengelola bank sampah dan memiliki bank sampah binaan. “Semua ini tidak lepas dari kesadaran masyarakat dan partisipasi yang sangat berarti dari para masyarakat, para petugas kebersihan serta dinas terkait,” bebernya.

Pun demikian, ia tak menampik saat ini masih kesulitan dalam hal penganggkutan sampah-sampah yang sudah ditimbang di beberapa bank sampah binaan maupun di bank sampah yang dikelola sendiri.

“Untuk itu, kami berharap kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar dapat memberikan bantuan seperti mobil pengangkut sampah,” pungkasnya.

Reporter: Ardiansyah

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here