Gilas Filipina 4-1, Timnas Indonesia Kokoh di Puncak Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2018

346

KabarKalimantan – Timnas Indonesia U-19berhasil bangkit dari ketertinggalan saat menghadapi Filipina di laga ketiga Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (5/7/2018) malam. Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, Tim Garuda Nusantara akhirnya menang telak 4-1 dan kembali ke puncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 2018.

Timnas Indonesia U-19 sangat mendominasi di pertandingan ketiga di Grup A Piala AFF U-19 2018 ini. Sejumlah serangan terus dibangun oleh Witan Sulaeman, Muhammad Rafli Mursalim, dan juga Samuel Christianson.

Terus menerus menyerang pertahanan Filipina, para pemain bertahan Tim Garuda Nusantara juga ikut membantu maju ke depan. Muhammad Rifad Marasabessy sampai maju membantu rekan-rekan setimnya karena sejumlah serangan tak kunjung membuahkan hasil.

Namun, dominasi Timnas Indonesia U-19 dalam melakukan serangan justru berbanding terbalik dengan hasil. Filipina justru berhasil memaksimalkan peluang yang mereka miliki pada menit ke-33.

Baca Juga :   Pertahankan Posisi Puncak, Barito Siap Jungkalkan Arema

Gawang Muhammad Riyandi akhirnya bobol setelah tendangan bebas yang dilepaskan Chester Gio Angeles Pabualan. Tembakan pemain Filipina itu meluncur ke arah sudut, membentur tiang, dan masuk ke dalam gawang Riyandi.

Kebobolan secara mengejutkan membuat Indra Sjafri berpikir cepat. Sebuah pergantian pemain pun dilakukan di babak pertama. Samuel Christianson ditarik keluar dan digantikan oleh Saddil Ramdani. Namun, hingga babak pertama berakhir kedudukan 1-0 untuk keunggulan Filipina tak berubah.

Tim Garuda Nusantara melakukan serangan demi serangan di babak kedua. Intensitas serangan yang dilakukan Witan Sulaeman dkk. meningkat berkali-kali lipat. Namun, meski mengurung pertahanan Filipina tak satu pun serangan tim asuhan Indra Sjafri itu berbuah manis menjadi gol.

Akhirnya Timnas Indonesia U-19 berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-81. Saddil Ramdani melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tembakan keras pemain Persela Lamongan ke sudut kiri bawah gawang Filipina tak mampu dihalau oleh sang penjaga gawang.

Baca Juga :   Empat Kali Tanpa Kemenangan, Jaksen Soroti Mental Tanding Laskar Antasari

Berhasil menyamakan kedudukan, para pemain asuhan Indra Sjafri itu semakin termotivasi untuk mengejar gol kedua. Hasilnya hanya butuh waktu kurang dari dua menit. Tepat pada menit ke-83, Firza Andika menjebol gawang Filipina dengan tandukan setelah menerima umpan dari Rifad Marasabessy.

Tak cukup puas meraih keunggulan, Timnas Indonesia U-19 semakin menggila. Saddil Ramdani berhasil mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini pada menit ke-85 dengan kembali menembakkan bola menggunakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Tembakan sudut sempit dari luar kotak penalti itu mengoyak jala gawang Filipina untuk ketiga kalinya.

Pemain asal Papua, Todd Rivaldo Ferre, tak mau ketinggalan untuk membawa Tim Garuda Nusantara terbang tinggi. Memanfaatkan umpan silang dari Witan Sulaeman, Todd berhasil mencetak gol pada menit ke-90 dengan sontekan ringan yang mengecoh bek sekaligus kiper Filipina.

Baca Juga :   Lawan Barito Putera, Persib Bertekad Akhiri Seri

Timnas Indonesia U-19 akhirnya memastikan kemenangan 4-1 menjadi milik mereka. Tiga poin ketiga berhasil diraih oleh tim asuhan Indra Sjafri yang membuat mereka kembali ke puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2018 dengan sembilan poin dari tiga laga, unggul dua poin dari Vietnam dan Thailand yang berada di posisi kedua dan ketiga.(blc)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here