Sen. Agu 3rd, 2020

GTPP Covid-19 Kalsel Siap Tambah 3 Alat PCR dan 30.000 Swab Test

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Sebagai upaya memaksimalkan percepatan penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kalsel akan menambah 3 alat Polymerase Chain Reaction (PCR).

Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan Hanif Faisol Nurofiq mengatakan, sebelum adanya tambahan 3 PCR nanti, swab perharinya hanya bisa 120 hasil, sehingga terjadi penumpukan sekitar 1.500.

“Sekarang sudah tinggal 800. Sehingga dalam pekan ini sisanya habis dan pekan depan kita bisa real time. Jadi, begitu masuk pagi hasilnya akan keluar sore atau esok harinya,” kata Hanif, Kamis (28/5/2020).

Dengan adanya penambahan PCR tersebut, lanjut Hanif, maka secara otomatis akan mempercepat dalam mengetahui hasil swab, sehingga ke depannya tidak ada lagi istilah Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Kami ingin semua warga yang berstatus PDP diswab test, sehingga diketahui jelas apakah terpapar corona atau tidak. Jadi, tidak ada lagi PDP. Karena tak masuk akal jika PDP juga dirawat di rumah sakit,” ucapnya.

Sementara untuk ketersediaan swab test, lanjut Hanif, Pemprov Kalsel telah siap sebanyak 30 ribu swab test. “Jadi, kapanpun diperlukan akan kita berikan, tapi penggunaannya harus selektif,” tegasnya.

Begitu juga dengan rapid test, Hanif mengingatkan, penggunaannya juga harus lebih selektif dan tidak acak seperti sebelumnya. “Harus tepat sasaran, dan digunakan kepada kontak erat serta deteksi akurat, mulai dari suhu tubuhnya sehingga dapat menghemat biaya. Karena biaya rapid test itu per unitnya sekitar Rp 300 ribu lebih,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.