Gubernur Tak Hadir, Rapat Paripurna DPRD Kalsel Diawali Interupsi

3

KabarKalimantan, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor lagi-lagi absen di rapat paripurna DPRD Kalsel. Wakil rakyat pun interupsi. Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Surinto yang menyuarakan hal itu.

Ia meminta Ketua DPRD Kalsel H Burhanuddin yang baru saja membuka rapat untuk membacakan surat kuasa dari gubernur pada perwakilannya.

“Itu jadi landasan kami untuk mengatakan setuju atau tidak setuju rapat bisa diteruskan atau tidak,” ucap Surinto, Kamis (5/9/2019).

Permintaan itu langsung dikabulkan H Burhanuddin. Tanpa banyak pikir, ia membacakan isi surat. “Ini suratnya,” kata politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut sambil menunjukkan bukti kertas yang dimaksud pada hadirin.

Tanpa banyak basa-basi, rapat disetujui untuk dilanjutkan. Rapat paripurna kali ini sejatinya menutup pengambilan keputusan DPRD Kalsel periode 2014-2019. Salah satu agenda pentingnya ialah pengambilan keputusan DPRD Kalsel terhadap Raperda Ketahanan Pangan.

Baca Juga :   Sumpah Janji Anggota DPRD Kalsel untuk Masa Bakti 2019-2024

Sementara rapat paripurna selanjutnya direncanakan berlangsung pada Senin (9/9/2019) nanti. Agendanya adalah pelantikan anggota dewan periode yang baru.

Sebelumnya, ketidakhadiran Paman Birin dalam rapat paripurna juga pernah disoal wakil rakyat. Saat rapat pariurna pada 1 Juli 2019 itu yang angkat bicara adalah Ketua Badan Kehormatan DPRD Kalsel Haryanto, juga dari Fraksi PKS.

“Untuk pengambilan keputusan seharusnya dihadiri gubernur langsung,” tandas Haryanto saat itu.

Reporter : M Ali Nafiah Noor
Editor : Suhaimi Hidayat
Pemanggungjawab : M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here