Hadapi Kemarau PDAM Benahi Perpipaan, Tiga Wilayah Bakal Terdampak

1683

KabarKalimantan, Banjarmasin – Musim kemarau tahun ini diprediksi lebih ekstrim. Krisis air baku menjadi perhatian khusus PDAM Bandarmasih.

Direktur Operasional PDAM Bandarmasih, Supian menggemukan, intrusi air laut sudah mulai terjadi di aliran Sungai Martapura.

Kadar garam dalam air di wilayah Basirih sudah mencapai 600 miligram per liter. Sedang di intake Sungai Bilu sudah mencapai 3-12 miligram per liter. 

“Dikhawatirkan angkanya bakal terus naik hingga 250. Bila itu terjadi maka air baku di sana tak bisa digunakan sepenuhnya,” ucap Supai, Senin (22/7/2019).

Supian mengatakan, agar krisis air bersih bisa diminimalisir akibat intrusi air laut, cara yang dapat dilakukan PDAM saat ini yakni dengan mencampur air baku.

Air baku di intake Sungai Bilu harus dicampur dengan air baku dari intake Sungai Tabuk yang ada di bagian hulu. “Dengan pencampuran ini maka kadar garam akan bisa dikurangi,” imbuhnya.

Namun rupanya proses pencampuran ini tak bisa dilakukan begitu saja. PDAM masih terganjal masalah di perpipaan. Beberapa pipa tak berfungsi dengan sempurna.

Sehingga pihaknya perlu melakukan pembenahan terlebih dahulu, dengan mengganti valve atau kran di pipa distribusi air baku yang berada di IPA I Ahmad Yani.

Supian mengungkapkan, proses perbaikan dijadwalkan akan dimulai Rabu depan, dari pukul 09.00 – 15.00 WITA. Ada tiga unit valve berdiameter 600 dan 500 milimeter yang akan diperbaiki.

Proses ini tentu berdampak pada pendistribusian air bersih ke pelanggan. Dijelaskan Supia, distribusi air bersih akan di stop untuk sementara. “Pengerjaanya sekitar enam jam. Semoga bisa lebih cepat,” ujarnya.

Untuk wilayah yang terdampak yakni,  seluruh wilayah Banjarmasin Barat, sebagian wilayah Banjarmasin Tengah, dan sebagian wilayah Banjarmasin Utara, dari Jembatan S.Parman s/d Kayu Tangi Ujung, sebelah kiri jalan Hasan Basri arah menuju Batola.

Dampak yang dirasakan pelanggan akibat perbaikan ini diperkirakan kemungkinan besar akan terjadi hingga lima hari kedepan setelah pengerjaan selesai.

Kendali demikian, Supian meyakini distribusi air tetap bisa dinikmati pelanggan, hanya saja tak berjalan normal seperti biasanya. “Kami juga menyediakan layanan mobil tangki, apabila memang sangat diperlukan,” katanya.

Selain itu diinformasikannya, PDAM juga menyediakan layanan mobil tangki bagi pelanggan. Pelanggan bisa  menghubungi di nomor 081255763905, dan 085348487370 untuk mendapat layanan tersebut.

Reporter: M Syahbani

Baca Juga :   DPRD Buat Raperda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here