Sen. Jul 13th, 2020

Hadapi Pemilu 2019, KPUD Balangan dan Kejaksaan Teken MoU

1 min read

KPU Balangan dan Kejaksaan Negeri Balangan meneken MoU penanganan perdata dan TUN menjelang Pemilu 2019, Rabu (11/10/2017). Redkal.com/ FM Hidayatullah

KabarKalimantan, Paringin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan dan Kejaksaan Negeri Balangan sepakat meneken nota kesepahaman (MoU) soal penanganan hukum perdata dan tata usaha negara. Kedua lembaga meneken kesepakatan di aula KPUD Balangan, Rabu (11/10/2017).

Ketua KPU Balangan, H Usman M, mengatakan MoU bertujuan menciptakan sukses pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019. Menurut Usman, pelaksanaan pileg dan pilpres rawan muncul masalah hukum dalam prosesnya, termasuk bisa menimpa KPU sebagai pelaksana pesta demokrasi lima tahunan itu.

Adapun Kepala Kejaksaan Negeri Balangan, Tomy Kristanto, mengatakan jaksa nantinya bisa secara langsung membantu KPU Balangan terkait masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara.

Selain itu, kata dia, Kejari Balangan juga memiliki jaksa pengacara negara (JPN) yang bisa dimanfaatkan untuk membantu KPU dalam menangi sengketa hukum yang dihadapi. Baik sengketa administrasi, tata usaha negara, bahkan sengketa hasil pemilihan.

Baca Juga :   KPUD Balangan Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2019

“Prinsipnya, kejaksaan bisa memberikan bantuan pada masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara yang dibutuhkan KPU Balangan,” Jelas Tommy

F. M HIDAYATULLAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.