Ming. Feb 28th, 2021

Hanya Sekitar 20 Persen, Timsel Ingin Lebih Banyak Keterlibatan Perempuan

1 min read

KabarKalimantan, Banjarmasin – Masa jabatan anggota Komisi Pemilihan Umum kabupaten/kota di Kalsel akan berakhir. Pendaftaran untuk periode selanjutnya pun segera dibuka.

Ada dua tim seleksi (Timsel) yang dibagi berdasarkan zona. Timsel satu meliputi Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), dan Tapin. Sementara untuk timsel dua bertanggungjawab menyelenggarakan seleksi di Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Banjarbaru, Banjarmasin, Kotabaru, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu.

Dalam jumpa pers yang digelar pada Senin (26/2/2018) di Sekretariat KPU Kalsel, Ketua Timsel II Setia Budi menjelaskan, hanya Kabupaten Tabalong yang tidak menggelar pendaftaran calon anggota komisioner KPU. Sebab, masa jabatan komisioner di daerah tersebut tidak bersamaan dengan daerah lainnya.

Setia Budi mengatakan, pengumuman pendaftaran berlangsung sejak 27 Februari 2018 hingga 1 Maret 2018. Pendaftaran calon anggota komisioner KPU kabupaten/kota akan dibuka pada 2-12 Maret 2018 mendatang.

“Pendaftaran bisa dilakukan di Sekretariat KPU kabupaten/kota masing-masing,” kata dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) itu.

Terkait batas pendaftar, dia mengatakan tidak ada angka maksimal. Bahkan Setia Budi berharap agar sebanyak mungkin masyarakat yang ingin terlibat dalam lembaga penyelenggara demokrasi tersebut. Menurutnya, ini untuk menjaga dan meningkatan kualitas demokrasi di Indonesia.

Sementara itu, ketua timsel I Ihsan Anwari lebih menegaskan agar adanya peningkatan keterlibatan perempuan dalam komisioner KPU. Saat ini angka keterlibatan perempuan dalam lembaga penyelenggara demokrasi itu masih di bawah 20%.

M ALI NAFIAH NOOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.