Harga Ayam dan Telur Kompak Turun

223

KabarKalimantan, Banjarmasin – Seiring dengan kembali lancarnya pasokan dari para peternak, harga ayam dan telur di pasaran berangsur mengalami penurunan harga.

Dari pantauan di salah satu pasar tradisional di Kota Banjarmasin, yakni Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, harga ayam dan telur terus mengalami penurunan secara bertahap sejak sepekan terakhir.

“Untuk harga ayam ras kini hanya dijual Rp 26.000 perkilonya. Padahal sepekan lalu masih dibanderol hingga Rp 35.000 perkilonya,” ucap Siti Aminah, salah satu pedagang ayam potong di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Kamis (2/8).

Lalu, untuk jenis ayam petelur dari sebelumnya dijual Rp 55.000 per ekor, kini dijual hanya sebesar Rp 45.000 per ekor alias lebih murah sekitar Rp 10.000 per ekor dibanding sepekan lalu.

“Dengan lancarnya pasokan, kami optimis harga ayam di pasaran akan terus turun hingga ke harga normal nantinya. Dengan begitu tentunya minat masyarakat untuk membeli ayam potong bisa kembali meningkat,” tambahnya.

Baca Juga :   Paman Birin Sahur Bersama di Markas Korem 101/ Antasari Banjarmasin

Sementara itu, untuk jenis telur, sepekan terakhir juga terus mengalami penurunan secara bertahap. Harga telur yang mengalami penurunan yakni telur ayam ras, telur itik dan telur puyuh. Sedangkan untuk telur ayam kampung masih terpantau stabil.

“Untuk telur ayam ras kini dibanderol seharga Rp 23.000 perkilonya, sebelumnya mencapai Rp 26.000 perkilonya. Sedangkan untuk telur itik dari sebelumnya dijual Rp 2.700 perbutir, kini hanya Rp 2.500 perbutir,” ungkap salah satu pedagang telur di Pasar Sentra Antasari, Adi N-Talu.

Sedangkan untuk telur puyuh kini dijual Rp 350 per butir, dari sebelumnya Rp 370 per butir. Sedangkan untuk telur ayam kampung hingga saat ini masih dijual Rp 2.300 per butir.

“Untuk permintaannya sendiri masih cukup tinggi sekarang. Karena memang jelang Lebaran Idul Adha banyak sekali masyarakat Banua yang melaksanakan even selamatan hingga perkawinan,” pungkasnya.

Baca Juga :   NSA Forum Bakal Bicarakan Kesenian Gandut

Arif Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here