Harganas Kalsel Bakal Dihadiri Pejabat dan Duta Besar Luar Negeri

1201

KabarKalimantan, Banjarmasin – Berbeda dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) sebelumnya, Harganas 2019 ke-XXVI di Kalimantan Selatan akan dihadiri pejabat luar negeri dan para duta besar.

“Untuk saat ini yang sudah mengkonfirmasi hadir dalam Harganas adalah Duta Besar Negara Kepulauan Scilly dan Negara Filipina,” kata Sekretaris Utama BKKBN Pusat Nofrijal dalam konfrensi pers di Gedung PWI Kalse, Rabu (3/7/2019).

Ia menjelaskan, kedatangan warga negara asing tersebut untuk belajar dan penandatangan kerjasama atau MoU dengan Indonesia terkait dpenyuluhan tokoh agama dan pelayanan program KB.

“Untuk filipina sudah 5 tahun berkerjasama dengan kita, dan momentum Harganas ini untuk memperpanjang MoU, sedangkan Scilly tentang pelayanan kontrasepsi dan mempelajari kontribusi peranan tokoh agama dalam program KB,” ucapnya.

Hal yang ingin dicapai melalui Harganas, lanjut Nofijal,  diharapkan keluarga indonesia dapat merekatkan atau menguatkan hubungan antar keluarga melalui gerakan kembali ke meja makan dapat menumbuhkan dan mempererat kembali hubungan antar keluarga dan program-program generasi berencana, yang difokuskan pada seribu hari pertama kehidupan.

Baca Juga :   Jaga Kearifan Lokal dan Kebudayaan Banjar melalui Lomba Olahraga Tradisional

“Hendaknya selama Harganas menjadi prioritas di setiap daerah dan para penyuluh keluarga berencana. Dan di lapangan hendaknya betu-betul melakukan kunjungan serta memotivasi keluarga di Indonesia,” katanya.

Sementara untuk anggaran pelaksanaan Harganas, tambahnya, ditanggung oleh APBN dan APBD yang dirinya pun tidak menghitung nominalnya berapa.

“Untuk anggaran sendiri, kami tidak menghitung karena adanya sinergitas antar pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Mungkin dalam pelaksanaan Harganas ini tidak lebih dari Rp 2 miliar, karena hanya untuk tenda dan sound sistem,” pungkasnya.

Reporter: Syahri Ramadhan

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here