Hari Pertama Kerja, Ibnu Sina Temukan ASN Bolos

236
Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menginspeksi SPOD di lingkup Pemkot Banjarmasin setelah libur tahun baru, Selasa (2/1/2018). Redkal.com

KabarKalimantan, Banjarmasin – Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menemukan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Banjarmasin yang absen kerja tanpa keterangan ketika inspeksi mendadak hari pertama masuk dinas selepas libur tahun baru 2018, Selasa (2/1/2018).

Ibnu didampingi Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Banjarmasin, Hamli Kursani melakukan sidak ke beberapa Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemkot Banjarmasin, seperti ruang Asisten, ruang kedinasan, serta badan tak luput disisir.

Dari absensi kehadiran ASN, ada beberapa ASN yang keluar tanpa izin sama sekali. Parahnya aksi bolos itu dilakukan sekelas Kepala Badan dan Kepala Bagian.

“Kesbangpol tidak hadir ada empat orang, termasuk kepala badannya tidak ada. Kabag Kesra juga tidak ada, di DLH ada satu yang cuti, di Bagian Pemerintahan juga cuti satu, Bagian Pembanguanan hadir semua, tapi Kabag tidak ada ditempat,” ucap Ibnu Sina usai melakukan sidak.

Baca Juga :   Murung Selong, Si Hijau yang Ingin Menjadi Kuning

Menurut dia, jabatan selevel kepala badan, dan kepala bagian semestinya memberi contoh yang baik bagi bawahan. Sebab, Ibnu tidak mau bawahannya berperilaku tidak disiplin.

“Tadi kan tidak ada izin ke Sekda, juga ke lain tidak ada izin. Ini tentunya menjadi catatan bagi kami. Mudah-mudajan ke depan mereka bisa memberikan contoh yang bagus ke anak buahnya,” ujar dia.

Selain itu, Ibnu menyorot sikap ASN yang keluar tanpa keterangan usai apel pagi. Sehingga setiap absen yang ada di SOPD yang dia satroni di ambil untuk ditindak lanjuti. Ia meminta Sekda Hamli menindaklanjuti temuan absensi itu dan pegawai yang bolos harus mengklarifikasi supaya jelas duduk persoalannya.

Dia menegaskan, tidak ada libur tambahan usai libur akhir tahun. Dia menghendaki di awal 2018 ini para ASN bisa memeliki semangat yang baru juga dalam berkerja.

Baca Juga :   Pemberian Vaksin MR di Banjarmasin Dilanjutkan

“Tidak ada cacatan tambahan libur, karena akhir tahun pekerjaan sdh selesai. Awal tahun kita memulai sesuatu yang baru, semangat untuk masuk kerja haru diutamaka, kalau ada keperluan harus izin ke atasan,” imbuhnya.

Kendati menemukan beberapa ASN yang bolos, Ibnu menilai secara keseluruahan absen kehadiran ASN cukup bagus karena yang kedapatan bolos atau izin masih sedikit. “Hanya satu blok yang semapat saya lihat, paling tidak ini menjadi sample,” katanya.

M SYAHBANI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here