Sel. Jun 2nd, 2020

Hasil Panen Petani Memuaskan, Dinas Pertanian Kotabaru Turut Senang

2 min read

KabarKalimantan, Kotabaru – Program Bupati Kotabaru H Sayed Jafar untuk menjadikan Bumi Saijaan sebagai daerah lumbung padi nampaknya perlahan-lahan sudah mulai terwujud.

Buktinya, dari seluas 384 hektare lahan persawahan di Kecamatan Pulau Laut Tengah, sejumlah kelompok tani maupun petani mandiri sudah melakukan panen padi di seluas 201 hektare lahan. Tak sekadar berhasil panen, hasil padi yang didapatkan juga sangat memuaskan.

Kelompok Tani (Poktan) Bintang Kejora, Desa Sungai Pasir tak menampik adanya peningkatan hasil panen mereka di tahun ini. Jenis padi varietas Inpari 39 yang mereka tanami mampu menghasilkan sekitar 6,5 ton perhektarenya. Hasil produksi itu meningkat sekitar 1,5-2,5 ton dari tahun lalu.

Keberhasilan para petani dalam meningkatkan hasil produksinya itu rupanya tak lepas dari peran Dinas Pertanian Kotabaru yang tak bosan-bosannya menyosialisasikan serta memberikan penyuluhan tentang cara bercocok tanam yang baik dan benar kepada para petani agar mendapat hasil yang memuaskan.

“Peningkatan hasil ini dikarenakan para petani sudah menggunakan bibit varietas unggul dan melakukan teknik budidaya yang lebih baik, seperti pengaturan jarak tanam, penggunaan pupuk, pengairan yang cukup serta pengendalian hama secara terpadu,” ucap Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kotabaru Suzana saat meninjau lahan persawahan di Kecamatan Pulau Laut Tengah, Rabu (13/5/2020).

Menurut Suzana, masalah pangan merupakan masalah yang sangat utama dan juga merupakan hidup matinya suatu bangsa. Maka dari itu, ia berharap seluruh petani di wilayah Kabupaten Kotabaru dapat mencontoh para petani di Kecamatan Pulau Laut Tengah.

“Kendati saat ini dunia sedang dilanda musibah besar, saya berharap para petani kita tetap semangat menggarap lahan persawahannya. Semangat olah dan semangat panen. Terlebih saat ini harga gabah kering maupun beras medium sedang bagus,” ujar Suzana.

Reporter: Ardiansyah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.