Sel. Des 1st, 2020

Hasil Verifikasi Faktual KPUD Balangan, Pasangan Independen Riza-Arsyad Belum Penuhi Syarat

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual calon perseorangan pada Pilkada Balangan 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor KPU Balangan ini dihadiri bakal pasangan perseorangan yaitu Riza Jahidi, Selasa (21/7/2020).

Ketua KPU Balangan Saripani  menyampaikan, proses verifikasi faktual dilaksanakan sejak 29 Juni hingga 12 Juli 2020 dengan cara sensus, yaitu petugas mendatangi tempat tinggal pendukung.

“Ketika para pendukung tersebut tidak berada di tempat, para petugas langsung berkoordinasi tim penghubung untuk melanjutkan verifikasi faktual,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia, petugas juga membuat surat kepada tim pendukung by name by adress untuk dilakukan verifikasi, serta berkoordinasi dengan tim penghubung untuk mengumpulkan pendukung pada titik tertentu dan melaksanakan verifikasi faktual.

Sementara dari hasil pleno verifikasi faktual tersebut, lanjut Saripani, rupanya pasangan Riza Jahidi dan Arsyad masih dianggap belum memenuhi syarat. Utamanya perihal jumlah dukungan dari warga Balangan yang mendukungnya untuk maju pada Pilkada Balangan 2020 ini.

“Jumlah dukungan yang harus didapat oleh bakal calon independen harus mencapai 10 persen dari DPT di Kabupaten Balangan. Totalnya sebanyak 9.066 pemilih. Dan pasangan perseorangan ini belum memenuhi syarat itu,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Balangan Bidang Teknis Hendri Gunawan menambahkan, dari total berkas dukungan yang diserahkan pasangan Riza dan Arsyad untuk memenuhi syarat calon independen hanya sebanyak 3.931. Artinya, kekurangan untuk dukungan tersebut mencapai 5.135 pemilih.

“Data berkas awal dari bakal pasangan calon yang diserahkan setelah kami lakukan verifikasi administrasi dan pencocokan data dengan Disdukcapil Balangan, ada kurang lebih 7.891 berkas dukungan. Kemudian kami lakukan verifikasi faktual, dan hasilnya hanya ada 3.931 pemilih,” jelas Hendri.

Lebih lanjut paparnya, kekurangan yang harus dipenuhi akan ditambah menjadi dua kali lipat, sebagaimana peraturan UU dalam penyelenggaraan Pilkada. Jumlah tersebut, ucapnya mencapai 10.270 dukungan yang harus diserahkan pada masa perbaikan, yakni sejak 25-27 Juli ini.

Sementara untuk jumlah sebaran, tambahnya, wilayah dukungan sudah dianggap memenuhi syarat, yakni delapan kecamatan yang ada di wilayah Balangan.

“Apabila kekurangan itu terpenuhi ketika masa perbaikan, maka pasangan Riza-Arsyad pun dianggap memenuhi syarat untuk berlanjut pada tahap pencalonan berikutnya. Sementara apabila tidak memenuhi syarat, yang bersangkutan masih bisa menggunakan jalur partai untuk pendaftaran,” pungkasnya.

Reporter: FM Hidayatullah
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.