Ming. Jan 24th, 2021

Hebat, Pemkab Balangan Kembali Raih Predikat WTP

2 min read

KabarKalimantan, Paringin – Kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten Balangan dalam meningkatkan tata kelola keuangan daerah kembali membuahkan hasil memuaskan.

Untuk kelima kalinya, Pemerintah Kabupaten Balangan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Selatan dalam acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah tahun 2017 se-Kalsel di Kantor BPK RI, Banjarbaru, Rabu (30/5/2018).

Bupati Kaupaten Balangan H Ansharuddin mengaku sangat bangga karena kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini kembali meraih predikat WTP. Menurutnya, hasil yang didapat tersebut tak lepas dari kerja keras seluruh jajarannya.

“Alhamdulillah, tahun ini kami kembali meraih predikat WTP, dan ini untuk yang kelima kalinya. Semua ini merupakan hasil kerjasama jajaran pemerintahan, terutama bagian keuangan yang telah mempersiapkan laporan keuangan dengan baik,” ujar Ansharuddin.

Ia menambahkan, predikat WTP kelima kalinya ini pun harus menjadi perhatian serius bagi para kepala SKPD untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkannya. “Ke depannya saya berharap bisa ditingkatkan lagi. Perbaiki kekurangan-kekurangan yang menjadi catatan BPK,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan Tornanda Syarifullah mengatakan, sesuai peraturan perundang-undangan paling lambat 60 hari setelah laporan keuangan anaudited disampaikan, BPK RI harus menyampaikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) kepada seluruh entitas yaitu pemerintah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Ia menjelaskan, LHP yang disampaikan kali ini memuat tiga unsur penting, yakni buku yang memuat laporan keuangan audited, kemudian evaluasi tentang pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. “BPK RI bekerja secara profesional sehingga catatan dan rekomendasi yang disampaikan melalui LHP sudah melalui prosedur pemeriksaan yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan,” tutupnya.

FM HIDAYATULLAH

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.