Herawanto Beberkan Tiga Sektor yang Mesti Dikembangkan Kalsel

75

KabarKalimantan, Banjarmasin – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kalsel Herawanto mengatakan, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Kalsel, ada tiga sektor yang harus segera dikembangkan pemerintah, yaitu agrobisnis, perikanan dan pariwisata.

“Jadi tidak terus bergantung dengan sektor tambang batubara saja. Tapi pemerintah daerah pun telah menyadari itu. Walaupun deposit batubara masih ada,” ucapnya kepada wartawan usai kegiatan temu insan media di Tree Park Hotel, Rabu (15/1/2020).

Melalui studi yang telah dilakukan Bank Indonesia, ujar Herawanto, tiga sektor utama ini dinilai berpeluang besar untuk meningkatkan perkonomian di Bumi Lambung Mangkurat.

Terbukti di tahun 2020, beberapa faktor kebijakan pemerintah di bidang biodiesel mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di sektor agrobisnis, seperti kelapa sawit.

“Kalau di sektor perikanan, itu ada udang yang dapat menjadi komoditi ekspor dan ikan lokal seperti ikan gabus,” terangnya.

Baca Juga :   Siswa SDN Pemurus Dalam 7 Diajak Menabung Sejak Dini

Sementara di sekotor pariwisata, Herawanto menilai itu juga tidak kalah penting, mengingat pariwisata di Kalsel sangat banyak. “Contohnya Loksado dan beberapa wisata kuliner serta wisata kreatif yang mesti dikembangkan,” ucapnya.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Kalsel dan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, tambahnya, masyarakat tentunya dituntut untuk berfikir dalam kerangka digital.

“Artinya jangan hanya berfikir untuk mengembangkan UMKM saja, masyarakat juga harus dapat mengembangkan usaha mereka melalui e-commerce. Supaya e-commerce itu lancar, perlu adanya edukasi terkait pembayaran non tunai. Dan kami sudah mensosialisasikan itu, pembayar tunai dan non tunai itu sama saja, malah penggunaan non tunai itu lebih mudah,” bebernya.

Wartawan: Smara Aqdimul Azmi
Editor: Suhaimi Hidayat
Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here