Hindari Penumpukan Pendaftar, Sistem Distribusi Per Zona Bakal Dilakukan

1146
Antrian pendaftar saat ferivikasi zonasi di SMPN 7 Banjarmasin

KabarKalimantan, Banjarmasin – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online jalur reguler untuk SMPN resmi dibuka, Senin (1/7/2019).

Berdasarkan pantauan Kabar Kalimantan, SMPN 7 merupakan salah satu sekolah di Banjarmasin Timur yang diserbu pendaftar. 

Di hari pertama saja, jumlah pendaftar di sekolah tersebut sudah lebih dari kuota yang diperlukan. Bahkan angkanya mencapai dua kali lipat lebih.

“Sampai sementara ini sudah 451 yang mendaftar. Sedang target 6 rombongan belajar (Rombel) untuk 192 siswa, ” ujar Kepala Sekolah SMPN 7 Banjarmasin, Kabul.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengatakan, SMPN 7 memang diuntungkan di PPDB Online 2019 ini.

Mengingat, lokasinya strategis dan masih menjadi primadona. Kemudian, ditambah lagi berada di lingkungan perkampungan warga. Kemudian, jumlah SD juga cukup banyak.

“Dibanding dengan SMPN 16, dan 30 yang sudah saya pantau, SMPN 7 ini paling banyak pendaftaran untuk wilayah Timur,” ujarnya.

Totok mengungkapkan, kondisi ini tentu menguntungkan bagi SMPN 7 sendiri. Akan tetapi tidak bagi sekolah lain yang berada di zona yang sama. Karena pendaftaran tersebut ke sana.

Untuk mengatasi terjadinya ketimpangan jumlah pendaftar. Totok mengungkapkan, pihaknya sudah mempunyai strategi agar pemerataan jumlah siswa bisa dilakukan.

Bagi sekolah yang pendaftarnya melebihi kuota, akan didistribusikan ke sekolah yang kekurangan, dengan mengacu pada zona yang sama.

“Selama zonanya sama masih bisa didistribusikan. Jadi jangan khawatir bagi sekolah yang nantinya kekurangan pendaftar,” jelasnya.

Kemudian, pendistribusian tersebut akan dilakukan disela waktu antara penutupan dan pengumuman pendaftaran.

“Pendaftaran ditutup kan 4 Juni, sedang pengumuman 8 Juni. Ada jeda beberapa hari. Nah, saat itu lah pendistribusian akan dilakukan,” pungkasnya.

Reporter: M Syahbani

Baca Juga :   Parpol Diingatkan untuk Tidak Nepotisme

Editor: Suhaimi Hidayat

Penanggungjawab: M Ridha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here