HMI Kalselteng Siap Kawal Pemilu 2019

1511

KabarKalimantan, Banjarmasin – Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) menggelar Seminar Pemilu Berintegritas pada Ahad (24/2/2019) malam di Royal Jelita Hotel Banjarmasin.

Kegiatan itu dihadiri sejumlah organisasi kepemudaan sipil. Sebagai pembicara, HMI mendatangkan komisioner KPU dan Bawaslu, serta pengurus KNPI Kalsel.

Pembicara dari KPU diwakili langsung Edy Ardiansyah yang saat ini masih menjabat sebagai ketua. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan soal independensi penyelenggara Pemilu dan partisipasi semua pihak untuk suksesi pesta demokrasi lima tahunan.

“Semakin tinggi partisipasi, maka potensi pelanggaran dalam proses Pemilu semakin terjamin,” ucapnya.

Menurut Edy, pemuda sebagai pemangku pendukung stakeholder sangat penting perannya dalam proses menuju penyelenggaraan Pemilu. Khususnya yang tergabung dalam suatu organisasi, mereka punya basis yang kuat. Sehingga transfer informasi soal kepemiluan sangat mudah dilakukan dalam lingkungannya.

Baca Juga :   Bawaslu Kalsel Indentifikasi Dugaan Pelanggaran Kampanye

“Tidak hanya mengurangi Golput,” katanya.

Komisioner Bawaslu yang diwakili Azhar Ridhanie berharap hal yang sama. Pemuda harus berpartisipasi aktif dalam pengawasan proses pemilu.

“Kegiatan seperti ini mendorong pencegahan terjadinya pelanggaran,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badko HMI Kalselteng Zainuddin mengatakan akan aktif berpartisipasi dalam suksesi Pemilu 2019. Bersama rekanannya ia bertekad menjaga kondusifitas Pemilu di Banua.

Ia menilai, penyelenggaraan Pemilu di daerah masih berjalan aman. Belum terlihat ada potensi konflik yang besar.

“Kami akan mengawal,” katanya.

M Ali Nafiah Noor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here