Sab. Jan 23rd, 2021

Hotel Ternak Tanah Laut Siap Dioperasikan

1 min read

PELAIHARI, KK – Tidak kalah dengan hotel atau penginapan untuk manusia, di Kabupaten Tanah Laut ada hotel untuk ternak, khususnya sapi dan kambing.

Setelah menyandang Tipe A, Pasar Sapi di Kelurahan Sarang Halang Kabupaten Tanah Laut (Tala) kini terus melakukan pembenahan. Bahkan kini pasar yang cukup lama berdiri tersebut telah memiliki hotel sapi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Suharyo, Kamis (19/1/2017). Adapun fasilitas yang diberikan kepada sapi saat menginap, layaknya seperti hotel segala kebutuhan makan minum ternak disediakan. “Kami menyediakan petugas untuk melayani ini semua,” tegasnya.

Haryo menyebutkan, hotel ini akan segera dioperasionalkan, terlebih pengelola hotel ternak sudah menggandeng pihak PT Astra bidang Perkebunan dan Peternakan, karena perusahaan tersebut memiliki 600 ekor sapi potong. Sehingga akan menginapkan 40 ekor sapinya di hotel tersebut. “Sapi akan menginap setiap hari,” ucapnya.

Walaupun belum ditentukan besaran retribusi, pihaknya akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan, karena ini memiliki landasan hukum yang kuat untuk mendapatkan pemasukan bagi daerah. “Retribusi belum ada, maka kami menggunakan MoU,” Ungkapnya.

Suharyo berharap, dengan adanya hotel sapi ini, berdampak kepada para pedagang dan peternak yang datang dari jauh untuk menginapkan di hotel sapi. Sebab, pedagang sapi ini datang dari luar wilayah Tala. Tidak itu saja, juga berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Perlu diketahui, setiap hari Senin keberadaan pasar hewan di Kelurahan Sarang Halang Kecamatan Pelaihari ini, ada sebanyak 250 ekor sapi. Para pengguna hotel sali nantinya pun bukan hanya berasal dari Kabupaten Tala saja, akan tetapi sampai ke daerah Kapuas, Kalimantan Tengah. ned

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | redkal.com by Kabar Kalimantan.