Hutan Wisata Meranti, Tempat Wisata Baru Favorit di Kotabaru

2008

KOTABARU, KK – Pohon meranti menjulang tinggi nan hijau, udara segar dan pemandangan Kotabaru yang cantik bisa anda lihat dari atas bukit Hutan Meranti, Kabupaten Kotabaru.

Dari pusat Kota Kotabaru, hanya perlu sekitar 30 menit untuk sampai ke kawasan wisata Hutan Meranti ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tarif masuk ke tempat wisata yang lagi “hits” di Kabupaten Kotabaru ini juga aman bagi isi dompet anda. Tidak lebih dari Rp10.000 untuk satu orang pengunjung.

“Suasana alam sangat terasa, pohonnya tinggi-tinggi dan ada permainan outbond seperti flying fox di sini,” tutur Ratih, pengunjung kawasan wisata Hutan Meranti kepada Kabar Kalimantan, Minggu (1/1/2017).

Menurutnya, ia dan keluarga sengaja datang ke tempat wisata itu memanfaatkan waktu libur. Selain itu sekaligus mengenalkan suasana alam yang masih asri kepada anaknya.

Di Hutan Meranti, juga terdapat beberapa satwa yang dipelihara di dalam kandang khusus seperti rusa, kancil, burung dan ular. Tampak para anak kecil melihat tingkah polah para satwa ini.

Jika berjalan sekitar setengah kilometer ke atas dari gerbang kawasan wisata, kita akan menemui Puncak Meranti. Namun pastikan anda secara fisik sedang sehat dan sebelumnya sudah mengonsumsi makanan.

Serta jangan lupa membawa air minum. Sebab secara geografis, permukaan hutan ini seperti bukit dan terjal. Kemiringan bahkan nyaris lebih dari 30 derajat di beberapa bagian.

Di bagian puncak kawasan Hutan Meranti kita bisa melihat rusa dan kancil asyik berkeliaran. Bahkan bisa juga menikmati pemandangan Kota Kotabaru dan laut dari atas puncak. Maklum saja, Kabupaten Kotabaru tidak masuk dalam Pulau Kalimantan, dia terpisah karena merupakan pulau tersendiri, yaitu Pulau Laut.

Dari atas Puncak Meranti, banyak keluarga dan anak muda bersantai menikmati pemandangan alam yang disuguhkan Sang Maha Pencipta. Tidak ada yang lebih bagus daripada karya Tuhan dengan keindahan alamnya. Alam Kabupaten Kotabaru tak bisa dipungkiri, memang indah.

Untuk menuju Kabupaten Kotabaru, jika dari Kota Banjarmasin, menggunakan jalur darat akan memerlukan waktu sekitar sembilan jam. Karena sebagian waktu dihabiskan menunggu Kapal Feri di Dermaga Tanjung Serdang.

Ya, sampai saat ini belum ada jembatan penghubung antara Pulau Kalimantan dan Pulau Laut menuju Kota Kotabaru. Kita harus menyeberang menggunakan Kapal Feri. sam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here